Pengembangan Perangkat Lunak Penjadwalan Sistem Manufaktur Dengan Teknik Relaksasi Lagrangian

Krismarini, Made Emi (2001) Pengembangan Perangkat Lunak Penjadwalan Sistem Manufaktur Dengan Teknik Relaksasi Lagrangian. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2696100084-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
2696100084-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penjadwalan pada job shop merupakan salah satu permasalaha yang penting dan kompleks. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan dalam penanganannya. Beberapa strategi telah digunakan untu menemukan metode penjadwalan yang menghasilkan jadwal yang optimal.
Dalam tugas akhir ini dirancang dan diimplementasikan perangka lunak penjadwalan sistem manufaktur job shop dengan menggunaka teknik relaksasi Lagrangian. Teknik relaksasi Lagrangian merupakan suat teknik matematika untuk menyelesaikan permasalahan sistem manufaktu job shop yang mempunyai fungsi obyektif meminimumkan keterlambata penyelesaian suatu pekerjaan dengan batasan jumlah mesin yang tersedi dan urutan operasi-operasinya pada tiap mesin. Proses penyelesaia pertama kali dilakukan pada level yang lebih kecil, yaitu level operasi kemudian dilanjutkan pada level yang lebih tinggi, yaitu level pekerjaan Proses terakhir adalah penyusunan jadwal berdasarkan hasil dari prose sebelumnya disesuaikan dengan batasan-batasan yang mempengaruhinya.
Hasil uji coba perbandingan antara teknik relaksasi Lagrangia dengan algoritma pada perangkat lunak sejenis ( yaitu perangkat luna Lekin ) menghasilkan jadwal yang lebih optimal. Pengembangan lebi lanjut dapat dilakukan pada perangkat lunak ini berdasarkan jenis dat yang akan diolah dan teknik penyelesaian persamaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Kri p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Sep 2018 07:29
Last Modified: 19 Sep 2018 07:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59675

Actions (login required)

View Item View Item