Penentuan Prototipe Kapal Keruk Yang Sesuai Untuk Dermaga Umum Pelabuhan Gresik

Rohim, M.Abd. (2003) Penentuan Prototipe Kapal Keruk Yang Sesuai Untuk Dermaga Umum Pelabuhan Gresik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4194100050-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4194100050-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Adanya pendangk:alan yang terjadi di kolam labuh Dermaga Umum Pelabuhan Gresik (60 ~ 75 cm/tahun) menyebabkan sarat air berkurang sehingga mengganggu kapal-kapal yang akan berlabuh -terutama kapal-kapal besar-, yang secara tidak langsung mengganggu proyek pengembangan pelabuhan. Untuk mencegah hal tersebut harus dilakukan pengerukan secara kontinyu tiap periode tertentu agar kedalaman!sarat air perairan tetap 4 mL WS. Dari data pihak pelabuhan dapat diketahui bahwa volume pengerukan 170 057,797 m3/tahun.
Untuk memenuhi keinginan tersebut, maka perlu dipikirkan pototipe peralatan keruk yang sesuai dengan kondisi geografis daerah pelabuhan, gangguan yang ditimbulkan, kedalaman minimal (2.5 mLWS), dan jenis material yang akan dikeruk yaitu berupa campuran lumpur, lempung dan pasir. Prototipe kapal keruk jenis grab dipilih karena sesuai dengan material endapan, kondisi geografis pelabuhan, dan tidak banyak menimbulkan gangguan terhadap lalu lintas perairan di pelabuhan.
Selain dari segi teknis, maka perhitungan ekonomis diperlukan untuk menilai kelayakan investasinya. Metode yang digunakan disini adalah Net Present Value (NPV). Dari hasil analisa diperoleh bahwa investasi yang ditanamkan akan mencapa Break Event Point (BEP) pada tahun ke-13 sehingga investasi pengadaan kapal keruk dari prototipe kapal ini layak untuk dilaksanakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.828 Roh p
Uncontrolled Keywords: Prototype kapal, kapal keruk, pelabuhan Gresik, Net present value
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC205 Harbors--Design and construction.
V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 25 Sep 2018 07:45
Last Modified: 25 Sep 2018 07:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59697

Actions (login required)

View Item View Item