Penerapan Sistem Informasi Pengendalian Pergerakan Peti Kemas Antar Pelabuhan Di Daerah PT. Pelindo III

Wardoyo, Fajar Wahyu (2002) Penerapan Sistem Informasi Pengendalian Pergerakan Peti Kemas Antar Pelabuhan Di Daerah PT. Pelindo III. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4195100003-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4195100003-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview

Abstract

Pada jaman globalisasi dunia saat ini, perkembangan perdagangan antar negara semakin pesat mengakibatkan penggunaan peti kemas Ieboh cepat berkembang. Peti kemas atau container adalah gudang mini yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain sebagai akibat dari adanya pengangkutan. Pesatnya perkembangan sector industri dalam negeri yang memproduksi barang berorientasi ekspor serta adanya pergeseran peranan non migas dalam perdagangan Iuar negeri Indonesia sehingga menuntut adanya effisiensi di dalam bongkar muat barang. Beberapa kelebihan dari peti kemas adalah dalam hal keamanan, perlindungan terhadap barang dan
mempercepat proses bongkar muat.
Dalam pengoperasian peti kemas, masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan pelayaran adalah lamanya waktu yang dibutuhkan dalam melakukan pengawasan terhadap pergerakan, kepemilikan dan kondisi peti kemas. Hal ini disebabkan karena perusahaan pelayaran masih menggunakan sistem manual (pencatatan bersifat tertulis biasa yang dilakukan oleh orang ataupun penggunaan komputer yang kurang optimal).
Sistem informasi berbasis komputer dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut diatas. Karena penggunaan sistem ini dapat mempercepat pengawasan terhadap pergerakan, kepemilikan dan kondisi peti kemas,dengan tingkat kesalahan seminimal mungkin. Oleh karena itu diharapkan dapat meningkatkan effisiensi kerja dari perusahaan pelayaran sehingga pelayanan terhadap pelanggan dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 658.403 801 1 War p
Uncontrolled Keywords: pengendalian pergerakan peti kemas, sistem informasi, PT. PELINDO III
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 25 Sep 2018 07:52
Last Modified: 25 Sep 2018 07:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59698

Actions (login required)

View Item View Item