Analisa Keandalan Sistem Reduction Gear Palindo 500

Winardi, . (1996) Analisa Keandalan Sistem Reduction Gear Palindo 500. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4924200316-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4924200316-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Sistem reduction gear Palindo 500 ini menggunakan sistem clutch hidrolik. Sistem clutch in sesuai untuk mentransmisikam putaran dan daya besar karena getaran dari sisi penggerak da tumbukkan dari sisi beban tidak saling diteruskan juga sistem ini tidak mengalami mome yang berlebihan. Sistem clutch hidrolik cukup komplek dan sangat vital fungsinya dala tranmisi daya sehingga dituntut keandalan yang tinggi karena berpengaruh langstmg terhada kinerja (performance) kapal.

Dalam analisa keandalan sistem reduction gear Palindo 500 ini sistem dimodelkan dala diagram blok keandalan bempa minimal cut set-minimal cut set untuk mendapatkan persamaa keandalan sistem (Rsistem ), dengan memasukan nilai - nilai fai/urete (A.) dari masing-masin komponen dan interval jam operasi (t) sistem akan didapatkan nilai-nilai keandalan system dengan nilai-nilai ini kita dapat mengetahui sejauh mana probabilitas keandalan siste tersebut dan kapan sistem akru1 mengalami penm1JJ1W1 keandalru1. Dalam analisa keandala sistem reduction ini juga dicari waktu perbaikan rata-rata sistem (MTTR) .dan wakt kegagalan rata-rata (MTTF), tmtuk mencari MTTF sistem dilakukan dengan car mengintegralkan persamaan keandalan sistem yang telah didapat. Dengan menjumlahka MTTR dan MTTF sistem kita dapat menghitwtg waktu rata-rata diantara kegagalan (MTBF)sistem.

Secara umum rutalisa yang didapat cukup baik dru1 dari at1alisa ini kita dapat menyusw1 jadwal perawatat1 dan penyedian spare parts sehingga sistem dapat berfungsi sesuai dengan yang diinginkan dan cost saving dapat dicapai, namum dalam analisa ini masih ada kekurangan - kekurangan yang harus diperbaiki. Upaya perbaikan ini cukup penting karena langkah kedepan analisa keandalan untuk aplikasi reduction gear cukup bennanfaat bagi peningkatan kinerja kapal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.862 Win a
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 24 Sep 2018 07:33
Last Modified: 24 Sep 2018 07:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59705

Actions (login required)

View Item View Item