Penerapan Quality Function Deployment Dalam Peningkatan Pelayanan Pendidikan Berdasarkan Preferensi Mahasiswa Di Jurusan Teknik Bangunan Kapal Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Ali, Imron A.S (2005) Penerapan Quality Function Deployment Dalam Peningkatan Pelayanan Pendidikan Berdasarkan Preferensi Mahasiswa Di Jurusan Teknik Bangunan Kapal Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2503202515.pdf]
Preview
Text
2503202515.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview

Abstract

Di dalam konsep kualitas, mutu suatu produk sangat ditentukan oleh prosesnya. Begitu juga dengan mutu lulusan dari suatu lembaga pendidikan tinggi sangat bergantung pada ~istem pembelajaran yang dilaksanakan. Salah satu parameter kunci dalam peningkatan kualitas adalah pelayanan yang memuaskan. Dengan terciptanya rasa puas maka akan tercipta suasana akademis yang kondusif dan proses belajar mengajar akan berjalan sebagaimana yang diinginkan bersama. Oleh karena mahasiswa merupakan pelanggan utama bagi institusi, maka pada penelitian ini difokuskan pada bagaimana upaya memuaskan mahasiswa dalam proses pembelajaran Dalam penelitian ini digunakan metode Quality Function Deployment. Pada metode ini diawali dengan mendata semua keinginan mahasiswa melalui kuisioner kemudian diterjemahkan kedalam respon teknis sebagai altematif solusi. Dengan teknik pembobotan maka diperoleh skala prioritas solusi. Dari keseluruhan hasil penelitian yang dilakukan dapat direkomendasikan langkah langkah perbaikan yang perlu dilakukan yaitu : menambah dan memperbaiki peralatan praktek, evaluasi dan revisi kurikulum, renovasi dan ekspansi pekerjaaan sipil, meningkatkan bidang keahlian karyawan/dosen secara profesional, menerapkan reward & punishment.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTI 658.562 Ali p
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan, QFD
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality Control. QFD. Taguchi methods (Quality control)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Oct 2018 03:47
Last Modified: 19 Oct 2018 03:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59874

Actions (login required)

View Item View Item