Pengembangan Metoda Coarse-to-Fine Search untuk Multi Dimensi Pada Economic Dispatch Pembangkit

Raharjo, Jangkung (2018) Pengembangan Metoda Coarse-to-Fine Search untuk Multi Dimensi Pada Economic Dispatch Pembangkit. Doctoral thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111260010011-Disertation.pdf]
Preview
Text
07111260010011-Disertation.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada sistem pembangkit tenaga listrik, biaya bahan bakar merupakan komponen yang paling dominan. Oleh karena itu, proses pembangkitan tenaga dan distribusi harus dilakukan dengan menggunakan biaya minimum tanpa mengabaikan efisiensinya. Pengoperasian sistem tenaga melibatkan penjadwalan daya dari setiap pembangkit listrik sedemikian rupa sehingga total biaya operasi dapat diminimalkan dengan menggunakan perhitungan economic dispatch, ED. Tujuan utama operasi sistem tenaga adalah menentukan penjadwalan pembangkit tenaga listrik secara optimal agar dapat memenuhi permintaan beban tanpa melanggar batasan yang ditentukan.
Masalah ED adalah masalah multi dimensi, yang bergantung pada jumlah pembangkit yang dilibatkan dan oleh karena itu untuk mengoptimalkan biaya pembangkitan terutama pada sistem tenaga berskala besar merupakan masalah yang rumit. Metoda yang rumit akan meningkatkan kompleksitas keseluruhan sistem dan menyebabkan waktu komputasi lebih lambat. Ada beberapa metoda yang telah dipublikasikan untuk mengatasi masalah ED. Untuk mengurangi kompleksitas tersebut, penelitian ini mengusulkan metoda sederhana, Multi-Dimension of Coarse to Fine Search untuk memecahkan masalah economic dispatch.
Metoda ini berjalan berdasarkan pengulangan proses pencarian kandidat terbaik dari feasible area, S(0). Sejumlah solusi potensial atau kandidat disebar pada S(0) dan kandidat terbaik dipilih di antara mereka. Setelah itu, feasible area, S(1) yang lebih kecil di sekitar kandidat terbaik sebelumnya ditentukan. Proses yang sama diulang sampai feasible area yang sangat kecil, di mana kandidat terbaiknya dapat diterima sebagai titik konvergensi. Untuk memvalidasi metoda ini diuji pada sistem tenaga Jawa-Bali, 500kV. Untuk menjamin konvergensi, maka apabila ada kandidat pada iterasi ke-t berada di luar di luar S(0), maka kandidat tersebut tidak akan menjadi kandidat terbaik walaupun berada di dalam S(t). Metoda yang diusulkan dapat memberikan hasil yang memuaskan dan memenuhi harapan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: RDE 621.312 1 Rah p
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Multi-dimensi, sederhana, konvergen, akurat
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1322.6 Electric power-plants
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20001-(S3) PhD Thesis
Depositing User: Raharjo Jangkung
Date Deposited: 28 Sep 2020 04:18
Last Modified: 28 Sep 2020 04:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59937

Actions (login required)

View Item View Item