Desain dan Implementasi Konverter DC-DC Buck Boost Dua Arah untuk Aplikasi Kendaraan Listrik

Wijaya, Yudo Kusuma (2015) Desain dan Implementasi Konverter DC-DC Buck Boost Dua Arah untuk Aplikasi Kendaraan Listrik. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2211100014-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
2211100014-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Konverter DC-DC merupakan peralatan penting pada kendaraan listrik. Konverter ini berfungsi untuk menurunkan (buck) atau menaikan (boost) tegangan arus searah (DC). Pada aplikasi kendaraan listrik, konverter DC-DC diperlukan guna mengubah level tegangan dari baterai agar sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan motor begitu pula sebaliknya. Kendaraan listrik membutuhkan konverter yang dapat bekerja secara dua arah (bidirectional), sehingga dapat mengatur penyaluran daya dari baterai menuju motor pada saat akselerasi dan dari motor menuju baterai pada saat pengereman regeneratif. Pada mode akselerasi, konverter DC-DC dapat bekerja menaikan ataupun menurunkan tegangan dari sisi tegangan baterai menuju sisi tegangan motor. Pada saat pengereman regeneratif, konverter DC-DC menurunkan dan menaikan tegangan dari sisi motor menuju baterai agar sesuai dengan tegangan pengisian baterai. Pada pengerjaan tugas akhir ini, topologi konverter disimulasikan menggunakan software PSIM. Implementasi konverter DC-DC diuji menggunakan beban motor DC penguatan terpisah sehingga konverter dapat bekerja menaikan dan menurunkan tegangan DC pada dua arah aliran daya.
=======================================================================================================
DC-DC converter is important equipment for electric vehicle. This converter used to step-down (buck) or step-up (boost) a direct current (DC) voltage. For electric vehicle application, DC-DC converter needed to change voltage level from battery so as fit with motor voltage and vice versa. Electric vehicle required converter which able to work bidirectional, so it can flows power from battery to motor when accelerating and from motor to battery when regenerative braking. During acceleration, converter works by step-up or step-down DC voltage from battery to motor. When braking (regenerative), converter step-up or step-down motor’s voltage to battery so as suitable for battery charging. In this final project, topology of this converter is simulated using PSIM software. Implementation of DC-DC converter is tested using DC motor separately exited so converter can work step-up or step-down in two direction of power flow.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 629.229 3 Wij d
Uncontrolled Keywords: kendaraan listrik, konverter DC-DC, motor DC, pengereman regeneratif
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7872 Electric current converters, Electric inverters.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220 Electric vehicles and their batteries, etc.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 28 Dec 2018 03:43
Last Modified: 28 Dec 2018 03:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60117

Actions (login required)

View Item View Item