Desain Interior KM Kelimutu sebagai Kapal Wisata dengan Nuansa Budaya Indonesia Timur yang Modern

Fahma, Moch. Ilham (2019) Desain Interior KM Kelimutu sebagai Kapal Wisata dengan Nuansa Budaya Indonesia Timur yang Modern. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08411440000033-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08411440000033-Undergraduate_Theses.pdf

Download (42MB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan obyek wisata bahari yang sangat melimpah dan diminati oleh wisatawan domestik mau pun mancanegara. Pada tahun 2014, 30% dari 9,4 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung, merupakan wisatawan bahari. Tiap tahun jumlah selalu meningkat dengan dipermudahnya akses kapal pesiar asing berlayar di laut Indonesia untuk melakukan wisata bahari. Potensi ini dinilai PT Pelni selaku perusahaan kapal terbesar di Indonesia sebagai prospek yang menjanjikan dalam dunia pariwisata Indonesia, khususnya bahari. Mengingat belum adanya kapal pesiar milk dalam negeri, PT Pelni berencana untuk memodifikasi KM Kelimutu sebagai kapal pesiar dengan rute menuju Indonesia timur meliputi Bali, Kepulauan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Berdasarkan rute yang ditentukan, desain interior yang mengusung budaya Indonesia timur dinilai cocok untuk diterapkan untuk lebih mengenalkan kebudyaan dan objek wisata yang akan dikunjungi. Elemen interior yang ada pada kapal tentu berbeda dengan bangunan daratan. Material yang diterapkan harus mengikuti regulasi yang ada pada kapal untuk keamanan dan kenyaman penumpang. Dengan mempertimbangkan aspek budaya dan regulasi, diharapkan interior yang didesain dapat memberikan keamanan dan kenyamanan penumpang. Selain itu, diharapkan karya Tugas Akhir ini dapat dijadikan referensi dalam dunia interior kapal di Indonesia.
=================================================================================================
Indonesia has many nautical tourism objects that attractive to domestic and foreign tourists. In 2014, 30% of 9,4 million foreign tourists who came were nautical tourism. The number of them always increase in line with the foreign cruise ships access facilitated by government. PT Pelni as ship company in Indonesia, see the good prospect of nautical tourism of Indonesia and Indonesia doesn’t have any cruise ship. PT Pelni set a plan to modifies KM Kelimutu to be a cruise ship with east Indonesia route, passing Bali, Nusa Tenggara, Maluku and Papua. Based on the route, interior design of this ship will be good with east Indonesia culture, to show the cultures and tourism object that will to be visited. Interior elements of ship are different with land buildings. Materials that applied must follow the regulation for the safety. By considering the cultures and regulation, hopefully the ship interior that will designed can give security and comfort for passengers and this thesis can be a reference for ship interior in Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDI 747 Fah d 2019
Uncontrolled Keywords: Wisata Bahari, Kapal Motor, Indoneisa Timur, Material
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA6600 Education buildings
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115.5.F77 Furniture
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
V Naval Science > VK
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Moch Ilham Fahma
Date Deposited: 30 Apr 2021 04:34
Last Modified: 22 Apr 2022 08:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60183

Actions (login required)

View Item View Item