Analisis Komputer Forensik File Steganografi Dengan Metode Postmortem Forensik

Baturaja, Sondra Launardo (2019) Analisis Komputer Forensik File Steganografi Dengan Metode Postmortem Forensik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211440000079-Undergraduate_Theses.pdf] Text
05211440000079-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of 05211440000079-Undergraduate_Theses.pdf] Text
05211440000079-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi komputer pada saat ini dapat memberikan dampak positif dan dampak negatif pada penggunanya. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini bisa digunakan untuk bertukar informasi penting untuk meningkatkan produktifitas namun ini juga dapat memberi dampak negatif seperti aktivitas penjualan barang barang illegal, melakukan aksi teror, melakukan penipuan secara online dan tindak kriminal lainnya..Pada tindak kriminal biasanya para pelaku saling berkomunikasi dan bertukar informasi dengan menggunakan teknik steganografi yang memungkinkan para pelaku kriminal berkomunikasi dengan rekannya sendiri tanpa diketahui dengan pihak yang berwenang. Dengan menggunakan teknik steganografi maka sangar sulit untuk mengetahui pesan rahasia yang dikirimkan oleh pelaku kriminal, sehingga untuk membuka pesannya harus dilakukan investigasi lebih dalam ke perangkat pelaku untuk mendapatkan alat untuk membuka beserta kunci yang mereka gunakan. Digital forensik merupakan salah satu cabang ilmu forensik, terutama untuk penyelidikan dan penemuan konten perangkat digital yang seringkali dikaitkan dengan kejahatan yang dimana landasannya merupakan praktik pengumpulan, analisis, dan pelaporan data digital. Pada penelitian ini akan menggunakan tool yaitu FTK imager untuk melakukan proses imaging pada hard drive dan autopsy 4 untuk melakukan Analisa dan menemukan data serta file stegano yang berada pada hard drive, setelah ditemukan file yang dicurigai merupakan file stegano maka akan melakukan proses ekstraksi data file stegano menggunakan Invisible Secret 4. Hasil dari experiment ini adalah dapat menjelaskan bagaimana cara melakukan digital forensik pada hard drive serta melakukan indentifikasi file steganografi dan melakukan proses decoding untuk mengambil data yang tersembunyi.
================================================================================================
The progress of computer technology at this time can have a
positive and negative impact on its users. With today’s
technological advances, it can be used to exchange important
information to increase productivity, but it can also have a
negative impact such as selling illegal goods, committing acts of terror, committing online fraud and other crimes. In
criminal acts, the perpetrators usually communicate with each other. And exchange information using the steganography
technique that allows criminals to communicate with their own colleagues without being known to the authorities. By using the steganography technique, it is very difficult to know the secret messages sent by criminals, so to open the message a deeper investigation must be carried out to the perpetrators to get the tools to open along with the keys they use. Digital forensics is one of the branches of forensic science, especially for the investigation and discovery of digital device content which is often associated with crime where the foundation is
the practice of collecting, viiersamaviig, and reporting digital data. In this study, we will use a tools like FTK imager to do the imaging process on the hard drive and autopsy 4 to viiersama and find the data and stegano files that are on the hard drive. Use Invisible Secret 4. The result of this experiment is to be able to explain how to do digital forensics on the hard drive and identify steganography files and make a decoding process to retrieve hidden data.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 005.824 Bat a-1 2019
Uncontrolled Keywords: Digital Forensik, Steganografi, Autopsy 4.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.A25 Computer security. Digital forensic. Data encryption (Computer science)
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: sondra launardo baturaja
Date Deposited: 20 Sep 2021 01:52
Last Modified: 20 Sep 2021 01:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60494

Actions (login required)

View Item View Item