Model Simulasi dan Skenario Strategi Adaptasi untuk Mengatasi dan Mencegah Bencana dalam Sistem Pertanian Komoditas Padi (Studi Kasus: Jawa Timur)

Prayudha, Dhimas Candra (2019) Model Simulasi dan Skenario Strategi Adaptasi untuk Mengatasi dan Mencegah Bencana dalam Sistem Pertanian Komoditas Padi (Studi Kasus: Jawa Timur). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211440000051-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211440000051-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia sebagai negara agraris, masih banyak penduduk
yang bermata pencaharian pada bidang pertanian. Sektor
pertanian merupakan salah satu mata pencaharian yang
banyak digeluti oleh penduduk Indonesia dan sektor pertanian bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan pangan penduduk. Salah satu produk pertanian yang cukup penting di Indonesia adalah padi atau beras, mengingat beras adalah bahan makanan pokok utama masyarakat di banyak daerah di Indonesia. Produksi beras seharusnya dapat mengimbangi kebutuhan akan beras itu sendiri, atau sering disebut dengan istilah swasembada. Banyak faktor yang menghambat produksi padi, salah satunya adalah bencana. Banjir dan kekeringan merupakan bentuk bencana alam yang hampir setiap tahun terjadi. Pengaruh bencana seperti banjir dan kekeringan pada lahan pertanian selalu terjadi dari tahun ke tahun, sehingga menyebabkan penurunan hasil pertanian hingga menyebabkan gagal panen. Dengan terjadinya perubahan musim yang semakin tidak menentu, potensi untuk terjadi bencana banjir dan kekeringan yang melanda lahan pertanian semakin
membesar. Usaha pertanian di sawah seperti padi sangat
rentan terkena bencana banjir dan kekeringan.
Ada berbagai strategi untuk mengatasi bencana banjir dan
kekeringan yang menimpa lahan pertanian padi. Untuk
penanganan banjir bisa dilakukan dengan penanaman varietas padi yang mampu bertahan dalam rendaman air selama 10-14 hari. Untuk daerah yang sering terkena kekeringan, terdapat juga varietas padi yang tahan kekeringan.
Dalam membantu penerapan strategi adaptasi untuk mengatasi dan mencegah bencana pada sektor pertanian Indonesia di Provinsi Jawa Timur pada khususnya pada tanaman padi, diperlukan model yang dapat merepresentasikan hal tersebut. Model yang dibuat akan dapat menunjukkan hubungan antar variabel di dalam sistem itu sendiri.
Pada tugas akhir ini akan dibuat sebuah model yang
merepresentasikan skenario strategi adaptasi untuk mencegah dan mengatasi bencana dalam sektor pertanian Indonesia pada khususnya tanaman padi yang menghasilkan beras sebagai bahan makanan pokok utama masyarakat Indonesia. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebuah model yang dapat menjadi acuan dalam penerapan skenario strategi adaptasi dalam membantu mengatasi dan mencegah bencana yang melanda sektor pertanian khususnya tanaman padi sehingga produksi padi di Indonesia khususnya Provinsi Jawa Timur harapan besarnya dapat meningkatkan produktivitas produksi padi.
================================================================================================
Indonesia as an agricultural country, there are still many residents who make a living in agriculture. The agricultural sector is one of the livelihoods that are widely cultivated by the population of Indonesia and the agricultural sector is responsible for meeting the food needs of the population. One of the most important agricultural products in Indonesia is rice, considering that rice is the main food for people in many regions in Indonesia. Rice production should be able to offset the need for rice itself, or often referred to as self-sufficiency. Many factors inhibit rice production, one of which is disaster. Floods and droughts are a form of natural disaster that occurs almost every year. The effects of disasters such as floods and droughts on agricultural land always occur from year to year, causing a decline in agricultural yields to cause crop failure. With the occurrence of increasingly erratic seasonal changes, the potential for catastrophic floods and droughts that hit agricultural land is getting bigger. Agriculture in rice fields such as rice is very vulnerable to floods and droughts.
There are various strategies to overcome the disasters of floods and droughts that afflict paddy fields. For handling floods, it can be done by planting rice varieties that are able to survive in water for 10-14 days. For areas that are often affected by drought, there are also drought-resistant rice varieties.
To implement adaptation strategies to overcome and prevent disasters in the Indonesian agricultural sector in East Java Province, especially in rice plants, a model that can represent this is needed. The model created will be able to show the relationship between variables in the system itself
In this final project, a model that will represent a scenario of adaptation strategies will be created to prevent and overcome disasters in the Indonesian agricultural sector, especially rice plants which produce rice as the main staple food for the people of Indonesia. The expected results of this study are a model that can be a reference in the application of adaptation strategy scenarios to help overcome and prevent disasters that hit the agricultural sector, especially rice plants so that rice production in Indonesia, especially East Java Province, hopes of increasing rice productivity.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 003.85 Pra m-1 2019
Uncontrolled Keywords: Model, Produksi, Bencana, Banjir, Kekeringan, Padi, Sistem Dinamik
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > T Technology (General) > T57.83 Dynamic programming
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dhimas Candra Prayudha
Date Deposited: 07 Jul 2021 05:01
Last Modified: 07 Jul 2021 05:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60741

Actions (login required)

View Item View Item