Analisis Kematangan Strategi Media Sosial Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Menggunakan Kerangka Kerja The Social Strategy Cone (Studi Kasus: Giyomi.Id)

Permatasari, Yuniar (2019) Analisis Kematangan Strategi Media Sosial Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Menggunakan Kerangka Kerja The Social Strategy Cone (Studi Kasus: Giyomi.Id). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
05211540000111-Undergraduate_Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Globalisasi merupakan salah satu pendorong masuknya teknologi ke seluruh lapisan pelaku bisnis, tidak terkecuali Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Teknologi yang sedang gencar digunakan oleh UMKM adalah media sosial. Manfaat penggunaan media sosial di UMKM antara lain meningkatkan penjualan, sarana promosi gratis, tempat komunikasi efektif dengan pelanggan maupun pemasok, dan sarana pengumpulan data kebutuhan pelanggan yang dapat dijadikan dasar atas pengambilan keputusan bisnis. Giyomi.id merupakan salah satu UMKM yang melibatkan media sosial dalam aktivitas bisnisnya. Sejak awal berdirinya usaha tersebut, media sosial merupakan hal yang sangat penting bagi Giyomi.id. Giyomi menerapkan strategi – strategi khusus pada media sosialnya seperti melakukan endorsement pada artis – artis tertentu dengan maksud untuk memperluas pemasaran produk Giyomi.id. Mengingat media sosial merupakan aset penting dan penggunaannya telah lama, Giyomi.id perlu melakukan pemetaan fungsionalitas media sosial dan menganalisis kematangan strategi media sosialnya. Pada tugas akhir ini pemetaan fungsionalitas media sosial di Giyomi.id mengacu pada kerangka kerja Honeycomb framework dan penentuan kematangan strategi media sosial menggunakan kerangka kerja The Social Strategy Cone. Metode pengumpulan data menggunakan metode kualitatif yaitu wawancara, observasi, dan mempelajari dokumen yang mendukung. Untuk metode pengolahan datanya dengan melakukan transkripsi dan justifikasi dari masing – masing aspek penilaian. Kemudian dilakukan hasil analisis mengenai tingkat kematangan penerapan strategi media sosial dan hal – hal apa saja yang perlu diperhatikan. Hasil dari penelitian ini diperoleh tingkat kematangan penerapan media sosial di Giyomi.id dan pemetaan fungsionalitas media sosial Giyomi.id. Untuk tingkat kematangan penerapan media sosial Giyomi.id berada di level maturity. Aspek terkuat yang dimiliki Giyomi.id adalah resources sedangkan untuk aspek terlemah adalah policies. . Dalam membuat kontennya Giyomi.id menggunakan fungsionalitas yang berbeda dengan pemetaan fungsionalitas media sosial oleh Kietzmann (2011) dan Malgieri (2016). Kata kunci: Media Sosial, e-Marketing, The Strategy social cone, kematangan, honeycomb framework. ================================================================================================ Globalization is one of the drivers of the entry of technology to entire layer of business people, no exception Small Micro Medium Enterprise (SMME). Technology which is heavily used by SMME is social media. The benefit of social media use in SMME among others, increase the sale, free promotional facilities, a place of effective communication with the customer as well as the supplier, and a data collection facilities, which can be a basic of business decision making. Giyomi.id is one of SMMEs which involve media social in the business activity. Since the first establishment of the business, social media is an important thing for Giyomi.id Giyomi applies the special strategies on the social media such as doing endorsement on the certain artist with the purpose to extend the product marketing of Giyomi.id. Considering that social media is an important asset and the use has been long, Giyomi.id needs to do a functional mapping of social media and analyze the strategy maturity of social media. On this final task, the functional mapping of social media in Giyomi on the Honeycomb framework and the determination of strategy maturity of social media uses The Social Strategy Cone framework. The data retrieval method uses the qualitative method which is interview, observation and learning the supportive document. For the data processing method, it uses transcription, which then the result will be analyzed to determine and justification the strategy maturity refers to Giyomi.id social media. The results of this study obtained functional social media mapping and the maturity level of the application of social media at Giyomi.id. The mapping of social media is different from the Kietzmann (2011) and Malgieri (2016). For the maturity level, the application of Giyomi.id social media is at the maturity level. The strongest aspects of Giyomi.id are resources, while for the weakest aspects are policies. Keywords: Social Media, e-Marketing, The Strategy social cone, maturity, honeycomb framework.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 658.401 2 Per a-1 2109
Uncontrolled Keywords: Social Media, e-Marketing, The Strategy social cone, maturity, honeycomb framework.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yuniar Permatasari
Date Deposited: 02 Jul 2021 08:25
Last Modified: 02 Jul 2021 08:25
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/60747

Actions (login required)

View Item View Item