Blockchain dan Kriptografi untuk Keamanan Data pada Jaringan Smart Grid

Putra, Hafizh Fianto (2019) Blockchain dan Kriptografi untuk Keamanan Data pada Jaringan Smart Grid. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111440000145-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
07111440000145-Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Smart city adalah sebuah konsep kota yang mengandalkan teknologi Internet of Things (IoT) untuk membantu meningkatkan kualitas kota tersebut. Smart grid adalah salah satu komponen dari smart city yang memperkenalkan komunikasi dua arah antara pelanggan dengan perusahaan penyedia listrik. Salah satu masalah yang dapat terjadi pada jaringan smart grid adalah data pelanggan yang jatuh ke pihak yang tidak bertanggungjawab karena saluran transmisi yang tidak aman. Oleh karena itu, penggunaan blockchain dan kriptografi dapat diterapkan pada jaringan smart grid untuk menyelesaikan masalah tersebut. Blockchain memberikan keamanan tambahan untuk penyimpanan data pada pusat pengatur jaringan dan kriptografi memberikan kerahasiaan dan autentikasi pada pertukaran data dalam jaringan. Sistem yang baru diciptakan ini harus bisa menyesuaikan frekuensi pengambilan data pada jaringan smart grid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu komputasi yang dibutuhkan dari kedua proses tersebut dengan menyusun suatu simulasi jaringan smart grid. Simulasi dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi MATLAB dan tersusun dari dua program utama, yaitu program kriptografi menggunakan algoritma RSA dan program pembuatan blockchain sederhana. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa rentang waktu komputasi RSA pada suatu jaringan smart grid lebih cepat dari frekuensi pengambilan data yang ditentukan, yaitu sebesar satu menit. Sementara itu, rentang waktu penyusunan blockchain dengan ketentuan tertentu tidak dapat memenuhi persyaratan yang sama.
================================================================================================
A smart city is a city concept that relies on the Internet of Things (IoT) technology to help improve the quality of the city. A smart grid is a component of the smart city that introduces two-way communication between customers and electricity companies. One problem that can occur in smart grid networks is customer data that falls to irresponsible parties due to unsafe transmission lines. Therefore, the use of blockchain and cryptography can be applied to smart grid networks to resolve these problems. Blockchain provides additional security for storing data in the central network regulator and cryptography provides confidentiality and authentication for data exchange on the network. This newly created system must be able to adjust the frequency of data retrieval on the smart grid network. This study aims to determine the computational time needed from the two processes by compiling a simulation of smart grid networks. The simulation in this study is done by using the MATLAB application and is composed of two main programs, namely cryptographic programs using the RSA algorithm and a simple blockchain creation program. The results obtained show that the RSA computing time span in a smart grid network is faster than the specified data retrieval frequency, which is equal to one minute. Meanwhile, the time frame for the preparation of the blockchain with certain conditions cannot meet the same requirements.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 005.74 Put p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Blockchain, Kriptografi, MATLAB, RSA, Smart grid
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.625 Internet programming.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5102.94 Cryptographic techniques
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.546 Computer algorithms
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101 Telecommunication
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Hafizh Fianto Putra
Date Deposited: 21 Jul 2021 06:17
Last Modified: 21 Jul 2021 06:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60753

Actions (login required)

View Item View Item