Desain dan Analisis Sistem Tenaga dan Transmisi pada Mobil Bertenaga Listrik EZZY ITS II

Yoga, Nyoman Budi Kusuma (2019) Desain dan Analisis Sistem Tenaga dan Transmisi pada Mobil Bertenaga Listrik EZZY ITS II. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
02111440000186-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Efek samping dari melonjaknya kapasitas kendaraan bermotor meliputi beberapa hal di antaranya adalah polusi dan kebutuhan akan bahan bakar. Konsumsi bahan bakar terus mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor. Bertambahnya kendaraan bermotor juga membawa dampak bagi kesehatan manusia. Melihat kondisi dimana jumlah bahan bakar yang ada sudah menipis dan pengaruh emisi dari kendaraan bermotor yang mencemari lingkungan serta berpengaruh pada kesehatan, sehingga kendaraan berbasis listrik dapat menjadi solusi. Mobil listrik dirasa akan lebih efektif, karena selain tidak menimbulkan polusi, suaranya halus, tahan lama, serta memiliki efisiensi energi yang tinggi dibanding dengan kendaraan berbahan bakar minyak. Namun permasalahan dari kendaraan bertenaga listrik adalah menentukan driveability dan karakteristik torsi motor yang digunakan agar menghasilkan tenaga yang setara dengan kendaraan bertenaga bahan bakar fosil pada berbagai kondisi medan jalan serta jarak tempuh yang lebih panjang. Pada penelitian ini terdapat 2 tahapan, yaitu tahap perhitungan dan tahap analisa terhadap sistem transmisi dari Mobil Listrik Ezzy II ITS. Untuk tahap perhitungan yang pertama adalah menghitung besar dari gaya hambat yang terjadi pada kendaraan, selanjutnya mencari spesifikasi dari motor dan baterai yang digunakan kendaraan serta yang terakhir adalah menghitung traksi dan power dari transmisi yang digunakan. Pada tahap analisa akan dilakukan analisa terhadap karakteristik traksi serta karakteristik power yang terjadi dari transmisi tersebut. Dari penelitian ini diperoleh spesifikasi motor yang sesuai adalah YASA Motor P400 series 30kw dan baterai LiFePO4 120Ah. Mobil Listrik Ezzy ITS II menggunakan 2 tingkat transmisi dengan rasio tingkat pertama 2.362 dan tingkat kedua 0,36. Dari rasio transmisi tersebut karakteristik traksi yang dihasilkan adalah dengan transmisi pertama kendaraan dapat melaju sampai 12 km/jam pada sudut tanjakan 30 derajat, serta kecepatan maksimum dari transmisi pertama adalah 93,09 km/jam pada jalan mendatar dengan gaya traksi 1178,7 N. Sedangkan untuk transmisi kedua dapat mencapai 127 km/jam pada jalan mendatar dengan gaya traksi 884,85N. Mobil Listrik Ezzy II ITS dengan daya motor 30 Kw dapat dipilih karena sudah mampu memenuhi parameter yang diinginkan yaitu dapat melewati tanjakan 30 derajat dengan kecepatan 10 km/jam dan pada jalan datar dengan kecepatan lebih dari 100 km/jam. ================================================================================================ Side effects of the soaring capacity of motorized vehicles covering several things including pollution and use of fuel. Fuel consumption continues to increase along with the increasing number of motorized vehicles. The increase of motorized vehicles also has an impact on human health. It caused by the exhaust gas of the motor vehicle. Seeing the conditions where the amount of fuel available has been depleted and the effects of emissions from motorized vehicles that pollute the environment and affect health, so electric based vehicles can be a solution. Electric cars are felt more effective, because it’s not causing the pollution, the sound is smooth, durable and has high energy efficiency compared with oil fueled vehicles. The problem of electric car is to determine the driveability and torque characteristics of the motor that is used to produce energy equivalent to fossil fuel powered vehicles in a variety of road conditions and longer distances. In this study there are 2 stages, namely the calculation stage and the analysis phase of the transmission system of the Ezzy II Electric Car ITS. For the first calculation phase is to calculate the magnitude of the drag that occurs in the vehicle including drag force, rolling resistance and climbing forces, then look for specifications of the motor and batteries used by the vehicle and the last is to calculate the traction and power of the transmission used. An analysis of traction characteristics and power characteristics that occur from transmission will be analyzed in analysis stage. From this research, the corresponding motor specifications are YASA Motor P400 series 30kw and LiFePO4 120Ah battery. Ezzy ITS II Electric Car uses 2 levels of transmission with a first level ratio of 2.362 and a second level of 0.36. From that transmission ratio, the characteristics of the traction produced are the first transmission of the vehicle can go up to 12 km / h at a 30 degree incline angle, and the maximum speed of the first transmission is 93.09 km / h on a horizontal road with traction force 1178.7 N. While for the second transmission it can reach 127 km / h on a horizontal road with a traction force of 884.85N. Ezzy II ITS Electric Car with 30 Kw motor power can be chosen because it is able to meet the desired parameters, which can pass a 30 degree incline at a speed of 10 km / h and on a flat road at a speed of 100 km / hr.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.244 Yog d-1 2019
Uncontrolled Keywords: motor listrik, gaya hambat, transmisi, traksi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nyoman Budi Kusuma
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:27
Last Modified: 19 Oct 2021 02:27
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/61397

Actions (login required)

View Item View Item