Analisis Perbandingan dan Studi Eksperimen Karakteristik Traksi Transmisi Manual dengan Transmisi Otomatis pada Mobil Suzuki All New Ertiga 2018

Mahmuddah, Rachma Dwi (2019) Analisis Perbandingan dan Studi Eksperimen Karakteristik Traksi Transmisi Manual dengan Transmisi Otomatis pada Mobil Suzuki All New Ertiga 2018. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111440000081-Undergraduate_Theses.pdf] Text
02111440000081-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin pesat menyebabkan masyarakat semakin selektif dalam memilih kendaraan bermotor khususnya mobil atau kendaraan roda empat. Sehingga perusahaan juga harus meningkatkan kualitas produknya untuk memenuhi permintaan dan keinginan masyarakat. Performa mesin menjadi salah satu penilaian masyarakat dalam memilih mobil selain desain bodi baik interior maupun eksterior, serta kenyamanan saat dikendarai. Menurut Federal Chamber of Automotive Industries, penjualan mobil bertransmisi manual hanya 13% dari semua mobil penumpang yang di jual pada tahun 2014, mengalami penurunan dari 33% pada tahun 2000. Penggunaan yang mudah dan nyaman menjadi keunggulan transmisi otomatis saat ini. Sehingga beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan mobil bertransmisi otomatis. Namun tidak banyak masyarakat yang mengetahui dan memahami performa mesin yang bagaimana yang sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia karena kurangnya informasi dari pihak produsen. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis untuk membandingkan karakteristik traksi pada masing-masing sistem transmisi berdasarkan perhitungan teoritis dan pengujian.
Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap pengujian, yaitu pengujian dynotest untuk mengetahui efisiensi transmisi, analisis perhitungan untuk mendapatkan grafik karakteristik traksi, kecepatan maksimum, dan sudut tanjak maksimum pada mobil Suzuki All New Ertiga 2018 transmisi manual dan transmisi otomatis kemudian dilakukan evaluasi serta dibandingkan pada hasil analisis perhitungan.
Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah gaya dorong maksimum untuk transmisi manual sebesar 6,2882 kN dengan sudut tanjak maksimum 31,509º dan kecepatan maksimum pada tingkat gigi keempat sebesar 152,427 km/jam sedangkan untuk transmisi otomatis sebesar 4,8087 kN dengan sudut tanjak maksimum 23,459º dan kecepatan maksimum pada tingkat gigi keempat sebesar 127,962 km/jam. Maka dapat disimpulkan bahwa transmisi manual memiliki performa yang lebih baik dengan efisiensi yang lebih tinggi yaitu 82,97% dibandingkan dengan transmisi otomatis yang hanya 77,17%.
================================================================================================
The evolution of technology and science is rapidly change which affect the society to selectively choose vehicle particularly car or four-wheel vehicle. Therefore, automotive company must enhance its product’s qualityin fulfilling customer’s needs and demand. Engine performance is the primary criteria for people in choosing a car beside its body design, either interior or exterior, and the comfort of the vehicle. According to Federal Chamber of Automotive Industries, car sales with manual transmission only sold about 13% from all types of vehicle in 2014, declining about 33% from 2000. The ease and comfort become the advantage of automatic trasmission recently. Then, many people choose automatic trasmission vehicle. Although people do not understand about engine performance that fit with the condition of Indonesian road because of lack in information from the producer. So there have to be an analysis in comparing the traction charasteristic of each transmission system based on theoritical calculation and esperiment.
The research will be conducted in three steps which are experiment with dynotest to find transmission efficiency, calculation analysis to obtaion traction charasteristic graph, maximum speed and maximum incline angle of Suzuki All New Ertiga 2018 manual and automatic transmission then we evaluate and compare its result of the calculation.
The result from this research are the maximum thrust of manual transmission is 6,2882 kN with incline angle about 31,509º and its maximum speed on fourth gear 152,427 km/h while the automatic transmission has maximum thrust of manual transmission is 4,8087 kN with incline angle about 23,459º and its maximum speed on fourth gear 127,962 km/h. We can conclude that manual trasmission have better performance and higher efficiency around 82,97% compare to the automatic transmission which only 77,17%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.244 Mah a-1 2019
Uncontrolled Keywords: Gaya dorong kendaraan, Karakteristik traksi, Torsi konverter, Transmisi manual, Transmisi otomatis.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rachma Dwi Mahmuddah
Date Deposited: 05 Nov 2021 09:06
Last Modified: 05 Nov 2021 09:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61452

Actions (login required)

View Item View Item