Perencanaan Perbaikan Tanah pada Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang STA 28+600 - STA 29+850 dan STA 41+000 - STA 42+350

Samodra, M. P. Gagas (2019) Perencanaan Perbaikan Tanah pada Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang STA 28+600 - STA 29+850 dan STA 41+000 - STA 42+350. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
03111240000075-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang, Provinsi Lampung adalah salah satu ruas dari Jalan Tol Trans Sumatera yang memiliki total panjang 108,6 KM. Dalam proyek ini dilakukan penyesuaian elevasi dengan penimbunan dan pemotongan. Penimbunan yang dilakukan beragam, pada STA 28+600 – STA 29+850 memiliki tinggi maksimal 10 meter dan STA 41+100 – STA 42+350 memiliki tinggi maksimal 7 meter. Melalui data tanah di lokasi proyek didapatkan kondisinya yaitu tanah lunak. Kondisi tanah seperti ini sangat tidak menguntungkan untuk dibangun bangunan di atasnya karena memiliki daya dukung yang kecil dan pemampatan yang besar. Oleh sebab itu perlu adanya sebuah metode perbaikan tanah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam perencanaan ini akan digunakan metode preloading. Metode preloading sendiri yaitu memberi beban terhadap tanah asli agar air dapat keluar dan mempercepat proses pemampatan. Untuk pengaliran air dari tanah asli ke permukaan dibantu Prefabricated Vertical Drain (PVD) yang terbuat dari bahan geosintetik atau plastik berbahan khusus. Elevasi timbunan rencana yang terbilang cukup tinggi juga memerlukan adanya metode perkuatan lereng agar tidak terjadi longsor. Alternatif perencanaan perkuatan yang digunakan yaitu geotextile, cerucuk, dan kombinasi dari keduanya. Geotextile yaitu sebuah geosintetik yang ditanam di dalam timbunan, sedangkan cerucuk berupa tiang yang ditanam di bawah timbunan hingga kedalaman tertentu untuk mencegah adanya longsor. Pemilihan metode perkuatan lereng akan dipilih yang paling murah dari segi biaya material. Tanah yang beragam memerlukan pembagian zona kondisi tanah, section 28 dibagi menjadi zona B1 dan B2, lalu section 41 dibagi menjadi zona B27 dan B30. Kedalaman PVD yang diperlukan beragam, terpendek 4 meter dan terpanjang 8 meter. PVD menggunakan pola pemasangan segitiga dengan jarak antar PVD 2,25 meter. Alternatif perkuatan lereng yang paling murah adalah Geotextile. ================================================================================================ Terbanggi Besar – Pematang Panggang toll located at Lampung Province is one of trans sumatra toll with 108,6 KM total length. In this project, undertaken an adjustments elevation with cutting and filling. There are various height of filling have been done, STA 28+600 – STA 29+850 has maximum height in 10 meters and STA 41+100 – STA 42+350 has maxiumum height in 7 meters. Through soil test from the location, obtained the condition of the land is soft soil . This kind of land conditions is really unprofitable to build any building above it because it has small carrying capacity and great compression. Therefore, it requires a soil improvement method to overcome this problem. In this plan, will be using preloading method. Preloading method itself is giving load against the origin soil so that water may be out and speed up the compression process. The drainage of water from the origin soil to the surface helped by Prefabricated Vertical Drain (PVD) which made by geosynthetic meterial or special made plastic. Plan of the embankment elevation that quite high also need a slope reinforcement method to avoid the landslide. There are alternative reinforcement plans will be used; geotextile, micropile, and combination of both. Geotextile is a geosynthetic material planted within the embankment, while the form of micropile is a pole planted under the embankment in particular depth to avoid the landslide. The slope reinforcement method will be chosen by the cheapest cost materials. There are various depth of PVD will be required, 4 meters shortest and 8 meters longest. The PVD is using triangle installation pattern with 2,25 meters space in between. The cheapest slope reinforcement alternative is Geotextile.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.151 363 Sam p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Timbunan, PVD, Geotextile, Cerucuk, Jalan Tol Terbanggi Besar, Embankment, Micropile
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455.S6 Soil (Materials of engineering and construction)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: M. P. Gagas Samodra
Date Deposited: 30 Oct 2021 07:18
Last Modified: 30 Oct 2021 07:18
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/61458

Actions (login required)

View Item View Item