Desain Konseptual Petikemas Mini untuk Layanan Door - to - door di Wilayah Kepulauan: Studi Kasus Nusa Tenggara Timur

Wiwaswan, Danan Lesmana (2019) Desain Konseptual Petikemas Mini untuk Layanan Door - to - door di Wilayah Kepulauan: Studi Kasus Nusa Tenggara Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04411240000048-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2022.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan provinsi kepulauan yang terletak di Indonesia bagian timur. Keterbatasan infrastruktur dan persebaran jumlah penduduk yang tidak merata menyebabkan muatan yang dikirim ke NTT tidak bisa langsung dikirimkan ke daerah tujuan akhir. Pengiriman ke luar Pulau Timor harus menggunakan layanan kapal ferry di Pelabuhan Bolok, sehingga petikemas harus di-stripping terlebih dahulu sebelum dipindah ke moda angkutan barang yang lebih kecil. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat desain petikemas mini yang mampu mengirimkan barang lebih cepat untuk menghilangkan proses stripping. Proses desain dilakukan dengan memperhatikan luas penampang petikemas standar, spesifikasi kendaraan angkutan darat yang sering beroperasi di luar Pulau Timor, spesifikasi alat bongkar muat petikemas di tujuan akhir, dan aturan pemerintah tentang dimensi kendaraan angkutan. Desain yang dihasilkan menggunakan bahan High Density Polyethylene (HDPE) dengan ukuran panjang sepertiga dan seperempat dari petikemas 20 kaki. Proses pengiriman muatan dengan menggunakan desain petikemas mini yang pertama lebih cepat 7 jam jika dibandingkan dengan petikemas 20 kaki dan lebih cepat 52 jam jika dibandingkan dengan petikemas mini yang kedua. Namun dari segi biaya satuan, kedua petikemas mini masih lebih mahal jika dibandingkan petikemas 20 kaki. Biaya satuan termahal adalah tujuan akhir Larantuka dengan biaya satuan per tonnya sebesar Rp 5.077.111 untuk petikemas standar, terdapat kenaikan biaya sebesar 9 persen menjadi Rp 5.510.770 untuk desain petikemas mini yang pertama, dan kenaikan sebesar 82 persen menjadi Rp 9.215.469 untuk desain kedua. ================================================================================================ East Nusa Tenggara (NTT) is an archipelago province located in the eastern part of Indonesia. Infrastructure limitations and unequal distribution of population causes the cargo sent to NTT cannot be sent to the final destination area. Shipments outside Timor Island must use ferries at Bolok Port, so containers must be stripped first before being moved to smaller freight modes. The purpose of this study is to create a mini container design that is capable of sending goods faster by eliminating the stripping process. The design process is carried out by taking into account then cross-sectional area of the standard container, the specifications of land transport that are often transported outside Timor Island, specifications of container loading and unloading equipment at the final destination, and government regulations regarding the dimensions of the transportation vehicle. The design produced using High Density Polyethylene (HDPE) material with a length of one-third and onequarter of a 20-foot container. The process of sending cargo using the first mini container design is 7 hours faster when compared to 20 feet containers and 52 hours faster when compared to the second mini container. But in terms of unit costs, both mini container are still more expensive compared to the 20 foot container. The most expensive unit cost is the final destination of Larantuka with a unit cost per ton of Rp.5.077.111 for standard containers, requiring costs to rise by 9 percent to Rp.5.510.770 for the first mini container design, and increasing by 82 percent to Rp 9.215.469 for the second design.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSTrL 387.5 Wiw d-1 2019
Uncontrolled Keywords: Biaya satuan, HDPE, provinsi kepulauan, petikemas mini, stripping.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE564.A1 Shipping
V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Danan lesmana v
Date Deposited: 25 Dec 2021 15:03
Last Modified: 25 Dec 2021 15:03
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/61817

Actions (login required)

View Item View Item