Kajian Eksperimental Pengaruh Pertumbuhan Biofouling Pada Lambung Kapal Terhadap Hambatan Kekasaran

Maqbulyani, Niko (2019) Kajian Eksperimental Pengaruh Pertumbuhan Biofouling Pada Lambung Kapal Terhadap Hambatan Kekasaran. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
04111340000070-Undergraduate_Thesis .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Biofouling yang menempel pada kapal setelah beroperasi dalam jangka waktu yang cukup lama menimbulkan permasalahan tersendiri. Biofouling ini menimbulkan kekasaran pada permukaan lambung kapal yang tercelup air. Kekasaran ini mengubah bentuk aliran yang melewati lambung kapal dari aliran laminer menjadi aliran turbulen. Perubahan aliran ini mengakibatkan peningkatan gaya hambat dari kapal tersebut sehingga menimbulkan dampak yang cukup banyak seperti penurunan kecepatan, peningkatan konsumsi bahan bakar, penurunan efisiensi dan lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi hambatan kapal melalui eksperimen di windtunnel. Pengujian ini dilakukan dengan pemodelan kapal dengan skala 1 : 216.469. Pemodelan kekasaran biofouling ini dimodelkan dengan menggunakan pasir pada amplas yang disesuaikan dengan skala dan nomor amplas. Hasil pengujian ini menunjukkan terjadinya perubahan koefisien hambatan dari smooth hull terhadap Regular roughness sebesar 5.37 x 10-3, 4.87 x 10-3, 4.6 x 10-3, 4.29 x 10-3, 4.03 x 10-3, 3.77 x 10-3, 2.99 x 10-3, dan 2.54x 10-3. Dari pengujian ini didapatkan nilai koefisien fricness dari kapal smooth hull pada kecepatan 5, 6, 7, 8, 9, 10, 15, dan 20 (m/s) secara berurutan adalah 0.00923, 0.00803, 0.0074, 0.00731, 0.00727, 0.00703, 0.0068 dan 0.00656. dan koefisien fricness dari kapal roughness dengan kecepatan yang sama secara berurutan sebesar 0.0146, 0.0129, 0.0120, 0.0116, 0.0113, 0.0108, 0.0098, dan 0.0091. ================================================================================================ Marine Biofouling attached to under water ship’s hull has caused problem for many years of ship operation. It causes roughness on the surface of under water ships hull. The roughness changes type of fluid flow, that passes through hull surface, from laminar flow to turbulent flow. The change of fluid flow increase the drag force of vessel and make some considerable impact, example : decrease the speed, increase fuel consumption, reduce efficiency, etc. The purpose of this study is to identify hull resistance through experiment on wind tunnel. This test is carried out by modeling ships with a scale 1 : 216.469. Modeling the biofouling roughness is modeled using sand on sandpaper which is adjusted to the scale and sandpaper number. The results of this test indicate a change in the drag coefficient from a smooth hull to a Regular roughness. The result is 5.37 x 10-3, 4.87 x 10-3, 4.6 x 10-3, 4.29 x 10-3, 4.03 x 10-3, 3.77 x 10-3, 2.99 x 10-3, dan 2.54x 10-3. From this test the fricness coefficient value of the smooth hull vessel at speeds 5, 6, 7, 8, 9, 10, 15, and 20 (m / s) is 0.00923, 0.00803, 0.0074, 0.00731, 0.00727, 0.00703, 0.0068 and 0.00656. and the fricness coefficient of the roughness vessel with the same speed sequentially at 0.0146, 0.0129, 0.0120, 0.0116, 0.0113, 0.0108, 0.0098, and 0.0091.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.822 Maq k-1 2019
Uncontrolled Keywords: Biofouling ini menimbulkan kekasaran, penurunan efisiensi
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Niko Maqbulyani
Date Deposited: 29 Dec 2021 01:35
Last Modified: 29 Dec 2021 01:35
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/61878

Actions (login required)

View Item View Item