Studi Kinerja Ad-Hoc On-Demand Distance Vector Routing (AODV) Dengan Memperhitungkan Faktor Mikro dan Makro Mobilty pada VANETS

Prasetya, Angga Eka (2019) Studi Kinerja Ad-Hoc On-Demand Distance Vector Routing (AODV) Dengan Memperhitungkan Faktor Mikro dan Makro Mobilty pada VANETS. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Buku TA Repo.pdf] Text
Buku TA Repo.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2022.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

VANET (Vehicular Ad-Hoc Network) adalah sebuah pengembangan dari MANET (Mobile Ad-Hoc Network) yang ditujukan untuk mendukung konsep komunikasi kendaraan dengan kendaraan (vehicle to vehicle) serta kendaraan dengan infrastruktur di sisi jalan (vehicle to road side unit). Sebelum implementasi pada kondisi riil, penelitian VANET dilakukan dengan menggunakan mobility generator dan network simulator. Pada tugas akhir ini, yang diteliti adalah performa skema VANET yang dihasilkan oleh mobility generator SUMO dengan skenario variasi kecepatan. Penelitian ini menggunakan NS-2 sebagai simulator VANET dengan protokol reaktif AODV sebagai protokol routing. Pada penelitan ini faktor mikro yang dimasukkan adalah percepatan dan perlambatan kendaraan, sedangkan faktor makro yang dimasukkan adalah kecepatan kendaraan dan topologi peta riil yang menggunakan peta daerah Sutorejo.
Matriks evaluasi kinerja yang digunakan dalam penelitian ini adalah packet delivery ratio, end-to-end delay dan routing overhead. Dalam pengujian ini, performa routing protokol AODV pada peta grid dan peta riil mengalami penurunan seiring bertambahnya kecepatan kendaraan. Dikarenakan lebih banyak lalu lintas dan rute yang tidak sampai, sehingga pertambahan kecepatan menghasilkan performa yang menurun.
================================================================================================
VANET (Ad-Hoc Network Vehicle) is a development of MANET
(Ad-Hoc Mobile Network) that supports to support the concept of vehicle
communication with vehicles (vehicles to vehicles) and vehicles with
roadside infrastructure (vehicles to road side units). Before
implementation in real conditions, VANET research was carried out
using mobility generators and network simulators. In this final project,
we investigated on the performance of VANET generated by SUMO
mobility generators with speed variation scenarios. This study uses NS-2
as a VANET simulator with AODV reactive protocol as a routing
protocol.
In this research, we included acceleration and deceleration of
the vehicle as micro factors, while vehicle speed and Sutorejo real map
topology as macro factors. The performance evaluation matrix used in
this study is the packet delivery ratio, end-to-end delay and routing
overhead.
In this test, the AODV performance routing protocol on the grid
map and real map shows the decrease along with vehicle speed rising
because of more failure on packet transmission and it leads to the
decrease of the performance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 004.62 Pra s-1 2019
Uncontrolled Keywords: VANET, SUMO, AODV, NS-2.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.543 Routers (Computer networks)
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Angga Eka Prasetya
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:40
Last Modified: 27 Jan 2022 03:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62106

Actions (login required)

View Item View Item