Analisis Teknis dan Ekonomis Proses Reparasi Kapal Fiberglass Reinforced Plastic (FRP) dengan Variasi Lokasi Kerusakan dan Schedule Laminasi

Nugraha, Andra Maulana Putra (2019) Analisis Teknis dan Ekonomis Proses Reparasi Kapal Fiberglass Reinforced Plastic (FRP) dengan Variasi Lokasi Kerusakan dan Schedule Laminasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
Laporan-AndraMPN-4114100060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Kapal fiberglass reinforced plastic (FRP) semakin banyak dibangun seiring dengan program pengadaan 1.700 kapal nelayan berbahan fiberglass oleh pemerintah pada tahun 2016. Seiring dengan dibangunnya kapal fiberglass tersebut, maka jumlah kejadian reparasi kapal fiberglass juga meningkat. Akan tetapi reparasi kapal fiberglass pada galangan umumnya masih belum menggunakan standar Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) maupun guidebook reparasi kapal fiberglass. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh laminasi fiberglass akibat proses reparasi terhadap kekuatan kapal. Penelitian dilakukan dengan memvariasikan lokasi kerusakan dan schedule laminasi. Lokasi kerusakan yang diteliti adalah geladak, sisi dan alas dengan kerusakan berupa sobek pada kulit. Variasi schedule laminasi yang dipilih adalah single sided scharf repair dan double sided scharf repair. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian tarik dan pengujian tekuk untuk menghitung tensile strength, modulus of tensile elasticity, bending strength dan modulus of bending elasticity. Hasil dari penelitian ini adalah setelah direparasi kapal FRP masih memiliki nilai tensile strength dan modulus of tensile elasticity yang memenuhi standar BKI dimana penurunan terbesar tensile strength adalah 9,66% dari nilai awal dan modulus of tensile elasticity berkurang sebesar 18,93% dari nilai awal. Setelah dilakukannya proses reparasi, kapal juga masih memiliki nilai bending strength dan modulus of bending elasticity yang memenuhi standart BKI dimana pengurangan terbesar bending strength adalah 38,94 % dari nilai awal dan modulus of bending elasticity berkurang sebesar 63,62%. Biaya reparasi yang paling ekonomis pada penelitian ini adalah dengan menggunakan variasi single sided scharf repair pada lokasi geladak dengan total biaya Rp2.600.985, yaitu 13,514% lebih murah dari biaya reparasi sesungguhnya. =============================================================================================== More fiberglass reinforced plastic ships are built due to the government programme on 2016 to build 1,700 fishing vessels with fiberglass as its material. Along with that, more fiberglass reinforced plastic ship repair works also occurred. However most repair works in shipyard haven’t used neither Biro Klasifikasi Indonesia (BKI)’s standart nor FRP boat repair guidebook. Therefore a research to find out the effect of fiberglass laminate after rapair work is needed. The locations that are researched are deck, side and bottom, with the damage type being a hole on the skin. Single sided scharf repair and double sided scharf repair are chosen as laminating schedule variations. Tensile test and bending test are done to calculate the value of tensile strength, modulus of tensile elasticity, bending strength and modulus of bending elasticity. The result of this research is after being repaired, FRP ship still fulfill the tensile strength and modulus of tensile elasticity requirement by BKI with the highest tensile strength reduction being 9.66% and 18,93% reduction in modulus of tensile elasticity compared to the original strenghts. FRP ship also still fulfill the bending strength and modulus of bending elasticity requirement by BKI with the highest bending strength reduction being 38,94% and 63,62% reduction in modulus of bending elasticity compared to the original strengths. The most economic repair variation is using single sided scharf repair on deck with total cost of Rp2.600.985 which is 13,514% cheaper than actual repair cost.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.83 Nug a-1 2019
Uncontrolled Keywords: BKI, kapal FRP, reparasi, uji tarik dan tekuk, variasi schedule laminasi
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Andra Maulana Putra Nugraha
Date Deposited: 04 Mar 2022 03:52
Last Modified: 04 Mar 2022 03:52
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/62131

Actions (login required)

View Item View Item