Analisis Teknis dan Ekonomis Penggunaan Instegrated Stiffened Panel (combo plate) pada Pembangunan Kapal Patroli Konstruksi Aluminium

Muhammad, Zaki Ryan (2019) Analisis Teknis dan Ekonomis Penggunaan Instegrated Stiffened Panel (combo plate) pada Pembangunan Kapal Patroli Konstruksi Aluminium. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111440000069-Undergraduate_Theses.pdf] Text
04111440000069-Undergraduate_Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kapal patroli dengan konstruksi aluminium saat ini banyak dibutuhkan untuk mempertahankan wilayah perairan Indonesia. Untuk mengoptimalkan waktu dan biaya pembangunan kapal aluminium maka ISP (Integrated Stiffened Panel) mulai digunakan untuk konstruksi kapal aluminium. Akan tetapi pembangunan kapal aluminium dengan ISP sampai saat ini belum dianalisa secara teknis serta ekonomis dan dibandingkan dengan pembangunan tanpa ISP. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan ISP dapat mempercepat waktu dan menghemat biaya pembangunan. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi bagian kapal mana saja yang dapat dibangun menggunakan ISP, kemudian proses pembangunan kapal patroli dengan ISP dan tanpa ISP disimulasi. Untuk melakukan analisa teknis diperlukan jumlah beban kerja pembangunan kapal berupa berat konstruksi dan panjang pengelasan yang perlu dikerjakan. Berat Konstruksi dihitung untuk menentukan beban kerja proses preparation dan fabrikasi. Sedangkan panjang pengelasan dihitung untuk menentukan beban kerja assembly. Beban kerja yang diketahui bisa digunakan untuk mencari JO yang diperlukan untuk menyelesaikan produksi dengan menggunakan produktivitas galangan. Untuk analisa ekonomis panjang pengelasan yang sudah didapat digunakan untuk menentukan kebutuhan kawat las dan consumable yang diperlukan dengan cara dicari volume dan beratnya. Biaya ini kemudian dijumlahkan dengan biaya yang diperlukan untuk pengadaan material kapal dan biaya tenaga kerja. Kebutuhan JO dan biaya pembangunan kapal dengan ISP dan tanpa ISP kemudian dibandingkan. Dari perbandingan proses didapatkan bahwa proses pembangunan kapal patroli dengan ISP dan pelat konvensional tidak memiliki kesamaan dalam proses pembangunan lambung, namun memiliki perbedaan mendalam dalam proses pembangunan bangunan atas karena ISP kebanyakan digunakan pada bangunan atas. Dengan demikian perbedaan teknis dan ekonomis terletak pada pembangunan bangunan atas. Pada pembangunan bangunan atas penggunaan ISP dapat mengurangi kebutuhan jam orang hingga 29%. Sedangkan dari sisi ekonomis pembangunan ISP dapat mengurangi biaya produksi sebesar 4,3%.
================================================================================================
Patrol ships with aluminum construction are needed to maintain Indonesia's territorial waters. To optimize the time and cost of building aluminum vessels, the ISP (Integrated Stiffened Panel) was invented. Integrated Stiffened Panel is a plate that has been integrated with stiffeners so it can be installed faster during assembly and saves assembly costs. However, the building process of aluminum vessels with Integrated Stiffened Panels has yet to be analyzed technically and financially and compared with ship building process without an ISP. Therefore, this research was conducted to study whether using an ISP can cut the ship building time and building costs. This research was carried out by identifiying which parts of the ship could be built using ISPs, then the process of building patroli boats with ISPs and without ISPs being simulated. To analyze technically, the length of welding works that needs to be done is needed. The length of welding is calculated to determine the workload that needs to be done, the workload then used to calculate the time needed to finish the job and then make scheduling. To analyze the financial aspect of the building process, length of welding is used to determine the cost of filler wire needed by finding the volume and weight of the weld. This cost is then summed up with the costs needed to procure ship material. Scheduling results and the cost of building ships with ISPs and without ISPs are then compared. From the comparation of process of building patroli boats with ISPs and without ISPs, it is founded that it has the same process for building hull, but have difference process of building the superstructure. Because the ISPs was mainly used in the superstructure. Thus the technical and economical difference laying on the construction of the superstructure. The construction of buildings using ISPs can reduce manhour needed by 29%. While in terms of economics, the ISPs can reduce the productioncost by 4,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.817 765 Muh a-1 2019
Uncontrolled Keywords: Aluminium, Combo Plate , Integrated Stiffened Panel, ISP, kapal patroli.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM156 Naval architecture
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Zaki Ryan Muhammad
Date Deposited: 01 Mar 2022 03:06
Last Modified: 01 Mar 2022 03:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62134

Actions (login required)

View Item View Item