Studi Karakter Laju Keausan dari Model Bushing PTFE Bronze Filled Wet Contact Pada Lengan Ayun Mobil

Syahbana, Ahmad Dwi Yan (2019) Studi Karakter Laju Keausan dari Model Bushing PTFE Bronze Filled Wet Contact Pada Lengan Ayun Mobil. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111645000019-Undergraduate_Theses.pdf] Text
02111645000019-Undergraduate_Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada Bushing lengan ayun (swing arm) terjadi mekanika kontak yang bergesekan antara as/porosdengan bantalan, seperti kerja bearing sebagai media pergerakan translasi lengan ayun. Biasanya pada saat pengecekan sering dilakukan pergantian bushing karena mengalami keausan yang melebihi toleransi, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan bahkan dapat membahayakan ketika digunakan berkendara.
Pengujian coefficient wear rate sangat diperlukan untuk mengetahui umur suatu komponen, karena pada dasarnya di dunia industri menginginkan usia material bertahan lama dan menghasilkan performa yang maksimal. Pengujian bushing ini dilakukan untuk menguji fenomena dari sebuah kontak material yang akan digunakan pada Tribometer Pin on Disk. Pengujian dilakukan dengan cara mencari harga laju keausan dari 2 buah material yaitu poros terbuat dari baja dengan bushing terbuat dari PTFE bronze filled yang saling digesekan secara berputar.
Penelitian ini memiliki beberapa tahapan dalam melakukan penelitian, yaitu perumusan masalah dan studi pustaka, persiapan alat uji tribometer tipe pin on disk, persiapan spesimen, pengambilan data penelitian, analisa struktur permukaan, pengolahan data penelitian, pembuatan grafik dan analisa hasil penelitian serta yang terakhir adalah kesimpulan, saran, dan rekomendasi.
Langkah-langkah pengujian yang dilakukan adalah spesimen uji ditimbang dengan menggunakan timbangan digital dahulu. Setelah itu dilakukan pengujian dengan menggunakan mesin tribometer dengan menggunakan pembebanan konstan yaitu 8 kg dan 3 variasi kecepatan yaitu pada speed control 50 (38,7 rpm), 60 (44,4 rpm) dan 70 (52,3 rpm). Pengujian dilakukan menggunakan pelumas (wet sliding) sebelum pengujian dimulai, dilakukan penimbangan sebelum dan di akhir spesimen uji. Pengulangan pengujian dilakukan sebanyak 3 kali sesuai dengan speed control yang ditetapkan. Setelah pengujian dilakukan foto mikro dengan perbesaran 50 kali serta analisa struktur permukaan.
Nilai specific wear rate Polytetrafluoroethylen (PTFE) bronze filled pada tiga variasi kecepatan 34,7 rpm, 44,4 rpm dan 52,3 rpm masing-masing 3,25x10-9 cm3/Nm, 4,45x10-9 cm3/Nm, 5,17x10-9 cm3/Nm, sedangkan nilai specific wear rate stainless steel yaitu 3,26x10-10 cm3/Nm, 6,52 x10-10 cm3/Nm, 9,26 x10-10 cm3/Nm. Perbandingan PTFE bronze terhadap stainless steel pada saat kecepatan 38,7 rpm 9,9 kali lebih besar, pada kecepatan 44,4 rpm 6,8 kali lebih besar, dan pada kecepatan 52,3 rpm lebih besar 5,5 kali. Sedangkan umur hidup material stainless steel lebih panjang dibandingkan dengan PTFE bronze filled, yaitu pada saat kecepatan 38,7 rpm 6 kali lebih baik, pada kecepatan 44,4 rpm 4,1 kali lebih baik, dan pada kecepatan 52,3 rpm 3,4 kali lebih baik.
================================================================================================
The coefficient wear rate test is very necessary to determine the age of a component, because basically in the industrial world want the age of the material to last long and produce maximum performance. This bushing test is done to test the phenomenon of a material contact that will be used in the Tribometer Pin on Disk. Testing is done by finding the price of wear rate of 2 pieces of material, namely the shaft made of steel with bushings made of PTFE bronze filled which are swirled with each other. Through this research we can find out the conditions that cause the material to experience rapid wear, age of use of bushings, and what kind of mechanism occurs.
In this study, there are several stages in conducting research, namely problem formulation and literature study, preparation of pin on disk tribometer test equipment, specimen preparation, research data collection, surface structure analysis, processing of research data, graph making and analysis of research results and the last are conclusions, suggestions, and recommendations.
The test steps taken are the test specimens weighed using a digital scale first. After that, testing was carried out using a tribometer machine using a constant load of 8 kg and 3 variations of speed, namely speed control 50 (38.7 rpm), 60 (44.4 rpm) and 70 (52.3 rpm). Tests are carried out using a lubricant (wet sliding) before the test begins, weighing before and at the end of the test specimen. Repeat testing is done 3 times according to the specified speed control. After testing micro-photos were carried out with 50 times magnification and surface structure analysis.
Specific wear rate of Polytetrafluoroethylen (PTFE) bronze filled at three speed variations of 34.7 rpm, 44.4 rpm and 52.3 rpm, respectively 3.25x10-9 cm3 / Nm, 4.45x10-9 cm3 / Nm, 5 , 17x10-9 cm3 / Nm, while the specific wear rate of stainless steel is 3.26x10-10 cm3 / Nm, 6.52 x10-10 cm3 / Nm, 9.26 x10-10 cm3 / Nm. Comparison of PTFE bronze to stainless steel when the speed of 38.7 rpm is 9.9 times greater, at a speed of 44.4 rpm 6.8 times greater, and at a speed of 52.3 rpm 5.5 times greater. While the life span of stainless steel material is longer than PTFE bronze filled, which is when the speed of 38.7 rpm is 6 times better, at speeds of 44.4 rpm 4.1 times better, and at speeds of 52.3 rpm 3.4 better times.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.227 5 Sya s-1 2019
Uncontrolled Keywords: wear rate, polytetrafluoroethylene, stainless steel, bronze, tribometer.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Syahbana Ahmad Dwi Yan
Date Deposited: 07 Mar 2022 02:58
Last Modified: 07 Mar 2022 02:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62174

Actions (login required)

View Item View Item