Desain Mainan Inklusif untuk Anak Cerebral Palsy Spastik Sebagai Sarana Bantu Terapi Motorik pada Program Rumah

Zahro, Isna Nurnadiya (2019) Desain Mainan Inklusif untuk Anak Cerebral Palsy Spastik Sebagai Sarana Bantu Terapi Motorik pada Program Rumah. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311340000086-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08311340000086-Undergraduate_Theses.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pada penderita Cerebral Palsy Spastik, otot gerak akan berkontraksi bersamaan sehingga menyulitkan kontrol gerak motorik, baik motorik kasar atau motorik halus. Untuk merehabilitasi kemampuan motorik, mereka mendapatkan terapi fisik dan okupasi. Agar rehabilitasi berjalan intens, salah satu metode yang membantu adalah dengan Program Rumah. Pada proses aktivitasnya, latihan dilakukan hanya fokus pada aspek latihan geraknya, mengesampingkan pertimbangan aspek emosional anak. Padahal sisi emosional berupa antusias/ motivasi pada diri anak penting adanya, agar tidak ada rasa keterpaksaan. Salah satu pendekatan untuk Program Rumah adalah dengan permainan. Aktivitas bermain diketahui dapat membantu dalam membangun kemampuan motorik, sosial dan psikologi anak. Namun mainan yang digunakan untuk aktivitas Program Rumah hanya menggunakan mainan motorik pada umumnya. Padahal, anak CP spastik memiliki keterbatasan kemampuan yang berbeda dengan kemampuan anak normal. Sehingga membutuhkan mainan yang inklusif, sesuai dengan kondisi anak CP. Tujuan dari penelitian ini adalah mendesain dan mengembangkan mainan inklusif untuk anak Cerebral Palsy Spastik sebagai sarana bantu terapi untuk peningkatan kemampuan motorik. Metode penelitian diawali dengan pengumpulan data primer melalui metode in depth interview dengan stakeholder (Terapis dan Orangtua anak CP) dan observasi. Data sekunder juga dikumpulkan untuk mendukung pengembangan desain melalui metode literature review. Pengembangan desain mainan didasarkan pada kebutuhan aktivitas Program Rumah pengguna, melakukan komparasi terhadap mainan inklusif sejenis dan acuan, dan evaluasi desain dengan medis serta melakukan uji coba kepada pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah mainan inklusif dengan konsep rehabilitatif, Ludic dan Convenient. Rehabilitatif diimplementasikan pada gerakan dalam permainan yang merehabilitasi motorik anak CP Spastik. Ludic sebagai konsep pendekatan aktivitas bermain yang memanfaatkan game yang interaktif dan Convenient diimplementasikan pada operasional kemudahan penggunaan. ================================================================================================
A condition in children with spastic Cerebral Palsy is, their muscles will contract together so that complicate their motion control. For rehabilitation their motoric, they got physical and occupational therapy that focus on build motor ability. To make this rehabilitation process going intense, a home program could be a helpful method. Conventional way to do home program usually could make child bored and demotivated. That was also affected the parents. One of method approach to this activity is playing. Playing activity able to develop their motor, social and psycology ability. But, the toys which used for home program activity is common toys. Actually the child with CP has limitation that makes them different to the normal child. That is way the child with CP need inclusive toys. The aims this research is designing and developing inclusive toys for child with CP that help to assist home program activity and help to increase motor ability. This research begin with collect primer data through in depth interview with stakeholde (therapist and parent of CP child) and do observation. Also collect secondary data by reviewing literature. In the developing design based on home program activity needs, do comparison to existing inclusive toys and design references, and participatory design with medic and user. Result from this research is inclusive toys, with rehabilitative, ludic, and convenient. Rehabilitative concept implemented in rule movement of playing. Ludic implemented as a fun approach method and convenient implemented in practical operational of the product.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 745.592 Zah d-1 2019
Uncontrolled Keywords: Cerebral Palsy Spastic, Home Program Rehabilitation, Inclusive Toys
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
T Technology > TS Manufactures > TS2301.T7 Toys, etc
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Isna Nurnadiya Zahro
Date Deposited: 21 Mar 2022 08:19
Last Modified: 21 Mar 2022 08:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62205

Actions (login required)

View Item View Item