Aplikasi Deteksi Kemiripan Nada Lagu

Hartanto, Ericko Ruly (2015) Aplikasi Deteksi Kemiripan Nada Lagu. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
undergraduated thesis.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi ini, seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi, dunia musik di dunia juga berkembang dengan pesat. Hal tersebut dibantu dengan banyaknya aplikasi-aplikasi yang dibuat untuk meningkatkan kualitas dari musik-musik di zaman sekarang serta didorong dengan distribusi musik yang makin mudah dengan adanya fasilitas-fasilitas disediakan di internet. Hal ini bisa berdampak baik pada kemajuan musik di dunia, tetapi bisa juga berdampak buruk. Salah satu dampak buruk yang ada pada saat ini adalah makin maraknya kegiatan plagiarisme nada lagu. Hal ini tentu saja, menimbulkan masalah pada pelanggaran hak cipta. Oleh karena itu dibutuhkan suatu program yang dapat mengidentifikasi plagiarisme nada lagu. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibuat suatu program yang dapat mengidentifikasi plagiarisme lagu melalui nada lagu. Akan digunakan suatu metode perhitungan kemiripan yang dimana dalam Information Retrieval, perhitungan kemiripan didefinisikan sebagai metode pembelajaran data untuk menghitung nilai kemiripan dari sekelompok fitur/atribut dari lagu. Tujuan dari Perhitungan kemiripan adalah untuk menemukan seberapa dekat kemiripan antara beberapa atribut/fitur antara fitur-fitur inputan dengan fitur-fitur yang ada pada database. Dalam tugas akhir ini, digunakan metode Dynamic Time Warping yang memungkinkan untuk mengetahui seberapa dekatkah kemiripan lagu inputan dengan lagu yang ada pada database, sehingga dimungkinkan untuk melakukan pemeringkatan lagu. Untuk melakukan pengambilan nada lagu pada sebuah lagu maka digunakan suatu metode ekstraksi fitur yaitu YAAPT (Yet Another Algorithm for Pitch Tracking) sehingga atribut-atribut yang dikerjakan hanya berupa nada yang penting saja dimana nada yang terekstraksi akan membentuk suatu pola titinada (pitch) yang menjadi acuan untuk pengecekan kemiripan sebuah lagu. Pendeteksian melalui nada lagu ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi masalah plagiarism multi-bahasa. Aplikasi telah dibuat dan kemudian diuji fungsinya. Pengujian dilakukan melalui skenario yang mencerminkan plagiarisme terhadap nada lagu . Hasil ujicoba menunjukkan bahwa tidak semua plagiarisme nada lagu dapat dideteksi dengan baik dengan nilai akurasi terbaik yaitu 83.33%. Aplikasi yang dibuat membutuhkan waktu rata-rata 23.428 menit untuk mendapatkan hasil akhir .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.43 Har a
Uncontrolled Keywords: Plagiarisme, Pitch, Information Retrieval, Dynamic Time Warping, Yet Another Algorithm for Pitch Tracking.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > Z699.5 Information storage and retrieval systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 22 Mar 2019 07:18
Last Modified: 22 Mar 2019 07:18
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/62569

Actions (login required)

View Item View Item