Perencanaan abutment dan pondasi pilar jembatan Cable Stayed di Lemah Ireng, Semarang

Haidzir, Ahmad (2015) Perencanaan abutment dan pondasi pilar jembatan Cable Stayed di Lemah Ireng, Semarang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3112105044-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3112105044-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 3112105044-paperpdf.pdf]
Preview
Text
3112105044-paperpdf.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3112105044-presentationpdf.pdf] Text
3112105044-presentationpdf.pdf - Presentation

Download (0B)

Abstract

Jembatan Lemah Ireng 1 terletak pada ruas Jalan Tol Semarang
– Solo Tahap I Ruas Ungaran – Bawen Paket V Tinalun – Lemah Ireng.
Jembatan ini dibangun karena adanya jurang yang dalam pada Desa
Lemah Ireng, sehingga diperlukan jembatan ini sebagai bagian dari jalan
tol tersebut. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah balance
cantilever dengan box girder cor ditempat (cast in place). Namun pada
kesempatan ini akan dicoba mendesain ulang jembatan balance cantilever
menjadi cable stayed bridge, dengan berubahnya struktur atas maka
desain dari struktur bawah pun ikut berubah karena beban-beban yang
akan disalurkan pada struktur pondasipun turut berubah seiring dengan
perubahan dari struktur atas.
Dalam Tugas Akhir ini akan didesain kembali pondasi dan
abutment pada jembatan akibat dari perubahan desain struktur atas yang
terjadi sehingga dapat memenuhi mulai dari daya dukung vertikal,
momen, lateral ,dan lainnya yang akan bekerja pada struktur di bawahnya.
Setelah diperhitungkan pada posisi abutmen A dan abutmen B
membutuhkan 5 buah tiang pondasi bored pile berdimensi diameter
silinder (Ds)= 1,70m dan diameter bell (Db)= 2,75m serta jarak antar pile
sebesar 5,50m sampai kedalaman 15,00m untuk mencapai daya dukung
vertikal pile maksimum sebesar 463,12Ton dan daya dukung lateral tiap
tiang sebesar 85,42Ton.
Pada posisi pilar A dan B membutuhkan 10 buah tiang dengan
pemasangan 5x2 buah tiang dengan Ds= 1,70m Db=2,50m dengan
kedalaman 34,00m untuk memenuhi daya dukung vertikal sebesar
661,99Ton dan daya dukung lateral sebesar 83,81Ton setiap tiang. Pada
pilar C membutuhkan 60 buah tiang bored pile dengan Ds= 1,70m dan
Db= 2,75m sedalam 66,00m untuk memenuhi kebutuhan daya dukung vertikal sebesar 896,68Ton dan daya dukung horizontal sebesar 64,97Ton. ============ Lemah Ireng bridge 1 is located on the toll road Semarang - Solo
Phase I section Ungaran - Bawen Package V Tinalun - Lemah Ireng. The
bridge was built because of a deep ravine in the village of Lemah Ireng,
so we need this bridge as part of the toll road. The method used is the
implementation of the balance cantilever box girder with cast in place
(cast in place). However on this occasion will try to redesign the balance
cantilever bridge into cable stayed bridge, when the upper structure
changed, the design of foundation and abutment also will change because
of the reaction from the upper structure is different from the old design.
Dalam Tugas Akhir ini akan didesain kembali pondasi dan abutment
pada jembatan akibat dari perubahan desain struktur atas yang terjadi
sehingga dapat memenuhi mulai dari daya dukung vertikal
On this Final Project it will redesign the foundation and abutment of
the bridge because of the transformation of upper structure so it could
support from vertical bearing capacity, torque, lateral, and others who will
work on the underlying structures. After analized the abutment position
A and B abutments need 5 pieces of bored pile foundation with cylinder
diameter (Ds)=1,70m & bell diameter (Db)=2.75m and the distance
between piles of 5.5 m to a depth of 15,00m to reach the maximum pile
vertical bearing capacity of 463.12Ton and the lateral bearing capacity of
each pole of 85.42Ton.
In position Pillar A and Pillar B requires 10 pieces of 5x2 pile with
Ds= 1,70m Db= 2,50m and depth of 34,00m to meet the vertical bearing
capacity of 661,99Ton and lateral bearing capacity of 83.81Ton each pole.
In the Pillar C requires 60 pole bored pile with Ds= 1.70m and Db= 2.75m
deep as 66,00m to meet the needs of vertical bearing capacity of
896,68Ton and horizontal bearing capacity of 64,97Ton.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.215 Hai p
Uncontrolled Keywords: Lemah Ireng, Jembatan cantilever box girder, Jembatan cable stayed, abutmen, pondasi pilar, Lemah Ireng, cantilever bridge, cable stayed bridge,abutment, pier foundation
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 02 Apr 2019 04:55
Last Modified: 02 Apr 2019 04:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62685

Actions (login required)

View Item View Item