Pemetaan Angka Prevalensi Kontrasepsi Di Kota Surabaya Tahun 2014 Dengan Pendekatan Geographically Weighted Regression (GWR)

Rahmawati, . (2016) Pemetaan Angka Prevalensi Kontrasepsi Di Kota Surabaya Tahun 2014 Dengan Pendekatan Geographically Weighted Regression (GWR). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1312100015-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keluarga berencana adalah suatu usaha untuk menjarangkan jumlah dan jarak kehamilan dengan memakai kontrasepsi. Salah satu indikator keberhasilan pelayanan Keluarga Berencana adalah peningkatan cakupan peserta KB Aktif (Angka Prevalensi Kontrasepsi/CPR). Angka Prevalensi Kontrasepsi merupakan persentase akseptor KB Aktif terhadap jumlah Pasangan Usia Subur. Data BAPEMAS dan KB tahun 2015 diketahui bahwa dari tahun 2013 ke tahun 2014 terjadi penurunan CPR di Surabaya. Maka permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan Angka Prevalensi Kontrasepsi tahun 2014 menggunakan GWR dengan unit penelitian 31 kecamatan di Kota Surabaya. Dengan memperhatikan aspek spasial, pemodelan CPR menggunakan GWR didapatkan bahwa dari enam variabel yang digunakan hanya ada empat variabel yang signifikan mempengaruhi menurunnya Angka Prevalensi Kontrasepsi yaitu laju pertumbuhan penduduk, jumlah klinik KB, jumlah paguyuban KB, dan persentase Sub PPKBD dimana keempat variabel ini sama dengan variabel yang signifikan di model regresi linier berganda. Pengelompokan kecamatan menurut variabel yang signifikan berpengaruh terhadap CPR Surabaya tahun 2014 hasil dari pemodelan GWR diperoleh enam kelompok dimana kelompok variabel yang signifikan terletak cenderung di wilayah yang berdekatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.536 Rah p
Uncontrolled Keywords: Angka Prevalensi Kontrasepsi, CPR, Geographically Weighted Regression, Regresi Linier Berganda, Aspek Spasial
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 08 Apr 2019 03:05
Last Modified: 08 Apr 2019 03:05
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/62711

Actions (login required)

View Item View Item