Pemodelan Indikator Kejadian Penyakit Tetanus Neonatorum Pada Bayi Di Indonesia Menggunakan Regresi Zero-Inflated Poisson

Mandasari, Ayu (2016) Pemodelan Indikator Kejadian Penyakit Tetanus Neonatorum Pada Bayi Di Indonesia Menggunakan Regresi Zero-Inflated Poisson. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1312100056-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab tingginya Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia adalah penyakit Tetanus Neonatorum. Penyakit tersebut disebabkan oleh infeksi bakteri Clostridium tetani yang menyerang pada bayi usia ke-3 dan 28 setelah kelahiran melalui pemotongan tali pusat dengan alat yang tidak steril. Jumlah kasus Tetanus Neonatorum merupakan data count atau jumlahan dengan asumsi mengikuti distribusi Poisson, sehingga akan dianalisis dengan menggunakan regresi Poisson. Namun regresi Poisson tidak sesuai apabila digunakan pada kasus Tetanus Neonatorum yang observasinya terdapat nilai nol yang banyak, karena akan melanggar asumsi equidispersi. Untuk itu pada penelitian ini, akan digunakan metode regresi lainnya yaitu Zero-Inflated Poisson (ZIP) karena proporsi nilai nol pada data sangat besar yaitu 57,6 persen. Data yang digunakan dalam penelitian tugas akhir ini adalah data sekunder yang diambil dari Profil Kesehatan Indonesia tahun 2013. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pemodelan dengan regresi Poisson terindikasi terjadi overdispersi, sehingga kasus tersebut diselesaikan dengan regresi Zero-Inflated Poisson. Pada model regresi Zero-Inflated Poisson (ZIP) variabel prediktor yang mempengaruhi poisson state adalah variabel persentase cakupan imunisasi TT2+ terhadap jumlah ibu hamil, persentase jumlah tenaga kesehatan terhadap jumlah bayi, dan persentase penolong persalinan dilakukan oleh tenaga kesehatan. Sedangkan variabel prediktor yang mempengaruhi zero state adalah variabel persentase jumlah tenaga kesehatan terhadap jumlah bayi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.536 Man p
Uncontrolled Keywords: Equidispersi, overdipersi, regresi Poisson, regresi Zero-Inflated Poisson (ZIP), Tetanus Neonatorum.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:03
Last Modified: 10 Apr 2019 02:03
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/62725

Actions (login required)

View Item View Item