Analisis Pola Hubungan Persentase Penduduk Miskin dengan Faktor Lingkungan, Ekonomi, dan Sosial Di Indonesia Menggunakan Regresi Spasial

Laswinia, Vonesa Devi (2016) Analisis Pola Hubungan Persentase Penduduk Miskin dengan Faktor Lingkungan, Ekonomi, dan Sosial Di Indonesia Menggunakan Regresi Spasial. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1312100067-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Regresi spasial merupakan analisis untuk mengevaluasi hubungan antara variabel dependen dengan satu atau lebih variabel independen dengan memperhatikan keterkaitan efek lokasi. Regresi spasial dinilai dapat mewakili permasalahan yang ada yaitu perbedaan karakteristik wilayah berhubungan dengan persentase penduduk miskin di Indonesia. Hal ini dapat dikaitkan dengan teori pembangunan berkelanjutan dimana kemiskinan merupakan salah satu indikator di bidang sosial. Selain bidang sosial, pembangunan berkelanjutan juga mengacu pada dua pilar yang lain yaitu bidang ekonomi dan lingkungan. Metode regresi spasial yang digunakan meliputi Spatial Autoegressive Model, Spatial Error Model, dan Spatial Durbin Model. Hasil pemodelan dengan menggunakan Spatial Autoregressive Model menghasilkan model terbaik. Model ini menghasilkan R2 sebesar 62,2%. Variabel yang berpengaruh signifikan yaitu IKLH (X1) merupakan faktor lingkungan, IPM (X2) dan kepadatan penduduk (X4) merupakan faktor sosial, dan laju pertumbuhan ekonomi (X3) dan tingkat pengangguran terbuka (X5) adalah faktor ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.536 Las a
Uncontrolled Keywords: persentase penduduk miskin, Spatial Autoregressive Model, Spatial Error Model, Spatial Durbin Model.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:35
Last Modified: 10 Apr 2019 02:35
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/62727

Actions (login required)

View Item View Item