Penerapan Metode C-Means dan Fuzzy C-Means pada Pengelompokkan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Indikator Pembangunan Ekonomi

Haryono, Cendiana Aprilia (2016) Penerapan Metode C-Means dan Fuzzy C-Means pada Pengelompokkan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Indikator Pembangunan Ekonomi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1312100123-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembangunan ekonomi daerah adalah suatu proses saat pemerintah daerah dan masyarakat mengelola sumber daya yang ada. Terdapat perbedaan yang sangat jauh antara nilai dari variabel-variabel pembangunan ekonomi. Dimana nilai jangkauan beberapa variabel indikator pembangunan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur cukup besar, sehingga kecenderungan ketimpangan di Provinsi Jawa Timur masih cukup tinggi. Dengan kondisi seperti ini dapat dilakukan analisis pengelompokkan kabupaten/kota di Jawa Timur guna untuk mengelompokkan wilayah yang memiliki kesamaan karakteristik. Metode yang digunakan dalam pengelompokkan tersebut dengan menggunakan metode c-means dan fuzzy c-means. Dari hasil pengelompokkan yang dapatkan kemudian dilakukan analisis perbandingan hasil pengelompokkan metode c-means dan fuzzy c-means berdasarkan nilai icdrate. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa metode c-means merupakan metode terbaik dalam mengelompokkan wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.53 Har p
Uncontrolled Keywords: c-means, fuzzy c-means, icdrate, pembangunan ekonomi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278 Cluster Analysis. Multivariate analysis. Correspondence analysis (Statistics)
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 18 Apr 2019 04:17
Last Modified: 18 Apr 2019 04:17
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/62779

Actions (login required)

View Item View Item