Perencanaan Peningkatan Jalan Perkerasan Lentur Ruas Jalan Trenggalek-Pacitan STA 20 +000 - STA 23 +000 Kabupaten Trenggalek Propinsi Jawa Timur

Suryawinata, M.Faishal and Fariz, Rendyanto (2015) Perencanaan Peningkatan Jalan Perkerasan Lentur Ruas Jalan Trenggalek-Pacitan STA 20 +000 - STA 23 +000 Kabupaten Trenggalek Propinsi Jawa Timur. Diploma thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3112030093-3112030094-Non Degree.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Jalan merupakan transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah atau di bawah permukaan tanah. Saat ini jalan merupakan sarana transportasi yang penting bagi kehidupan baik dari segi ekonomi, sosial,dan lain sebagainya. Bagi negara yang sedang berkembang seperti Indonesia, sarana transportasi jalan tentu sangat berpengaruh bagi perkembangan tersebut. Pemerintah, baik pusat dan daerah sangat memperhatikan hal tersebut. Jalan yang tidak dapat memenuhi kapasitas arus lalu – lintas akan segera diperbaiki guna mendukung kegiatan perekonomian daerah tersebut dan mewujudkan kelancaran, kenyamanan serta keamanan para pengguna jalan yang melewati daerah tersebut. Perencanaan peningkatan jalan ini meliputi perhitungan struktur perkerasan jalan dengan menggunakan metode analisa komponen 1987, analisa kapasitas jalan menggunakan Manual iii Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, perencanaan drainase dengan menggunakan metode SNI 03 - 3424 – 1994, kontrol geometrik jalan raya dengan menggunakan Buku Dasar – Dasar Perencanaan Geometrik Jalan ( Silvia Sukirman), dan untuk perhitungan Rencana Anggaran Biaya menggunakan standar satuan harga dasar dan analisa harga satuan kota setempat. Dari hasil analisa perencanaan, lebar jalur menjadi 7 meter (2 arah) tanpa median, dengan bahu jalan direncanakan 1 meter. Sedangkan kecepatan rencana Vr = 40 km/ jam. Kontrol pada alinyemen vertical termasuk daerah pegunungan. Untuk perencanaan tebal perkerasan didapat surface course / lapis penutup (AC Laston) = 5 cm, base course/pondasi atas (CTB CBR 100%) = 20 cm dan sub base course/pondasi bawah (sirtu CBR ) = 10 cm. Untuk saluran Drainase menggunakan beton dengan kedalaman maksimum 0,58 m dan lebar maksimum 0.6 m. Sedangkan untuk Rencana Anggaran Biaya Rp 3,353,928,000 terbilang (Tiga milyar, tiga ratus lima puluh tiga juta, Sembilan ratus dua puluh delapan ribu rupiah ) ========================================================================================================== Roads are the ground transportation which include all the roads, including complementary buildings and equipment that is intended for traffic, which is at ground level, above ground or below ground level. Currently the road is an important means of transportation for life both in terms of economic, social and so forth. For a developing country like Indonesia, the means of road transport certainly influential to these developments. The goverments, both central and local notice it. The road who cant meet the current capacity of traffic will be repaired immediately to support economic activity the region and realize the smooth, comfort and security of road users when pass through the area. Improvement planning includes the calculation of road pavement structures using component analysis method 1987, capacity analysis by using manual capacity of indonesia street (MKJI) 1997,drainage planning by using SNI 03 – 3424 – 1994 methods, control the geometric of the highway by using the book Fundamentals of Geometric Roads Planning (Silvia Sukirman), v and for the calculation of budget plan to use a standart unit price basis and the analysisof the localtown. From the analysis of planning, a 7 meter wide lane ( 1 direction) with no median, with a frontage road is planned 1 meters. While the plan speed Vr= 40 km/jam. Controls on vertical alignment including highlands. For planning of pavement thickness obtained surface course / layer cover (AC Laston) = 5 cm, base course / foundation of (CTB CBR 100%) = 20 cm and sub bse courses / foundation under (sirtu CBR) = 10 cm. To use a cast concrete drainage with a maximum depth 0,58 m and maximum width of 0,6 m. s for the budget plan Rp. 3,353,928,000 be calculted (three billion three hundred fifty three million, nine hundred twenty eight thousand rupiah)

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 625.7 Sur p
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Lentur
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 30 Apr 2019 02:22
Last Modified: 30 Apr 2019 02:22
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/62867

Actions (login required)

View Item View Item