Pengaruh permintaan pasar terhadap rumah berkonsep hijau di Citraland Surabaya

Aulia, Rizky (2015) Pengaruh permintaan pasar terhadap rumah berkonsep hijau di Citraland Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3213208007-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3213208007-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3213208007-Paper.pdf]
Preview
Text
3213208007-Paper.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3213208007-Presentation.pdf]
Preview
Text
3213208007-Presentation.pdf - Presentation

Download (1MB) | Preview

Abstract

Citraland Surabaya merupakan salah satu perumahan terkenal di Surabaya yang
telah mengusung konsep modern, bersih, dan hijau dimana perencanaannya
didasarkan pada konsep ramah lingkungan. Hal ini ditunjukkan dengan slogan
“Citraland Go Green”. Konsep green ini berkaitan dengan isu pemanasan global
dimana pengembang perumahan juga dituntut berpartisipasi dalam meminimalkan
dampak pemanasan global. Masalah pada penelitian ini adalah sejauh mana
penerapan green design pada rumah di Citraland dan permintaan pasar akan produk
rumah hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan green design
pada tipe rumah Maple dan Fortune, serta melihat antusiasme pasar dalam membeli
produk rumah hijau sehingga dihasilkan konsep desain produk green property sesuai
permintaan pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif kualitatif dengan analisa statistik deskriptif. Kemudian dari hasil survey
dan kajian pustaka didapatkan konsep desain yang dapat dikembangkan untuk rumah
di Citraland. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe rumah Maple memenuhi 50
dari 101 poin kriteria greenship sedangkan tipe Fortune memenuhi 52 dari 101 poin
kriteria greenship. Berdasarkan peringkat greenship dari GBCI, kedua tipe rumah ini
mendapatkan kategori silver. Kriteria greenship dari GBCI yang dapat diterapkan
pada tipe rumah di Citraland dalam waktu dekat yaitu tersedianya jalur bagi pejalan
kaki, sumber energi terbarukan, dan sumber air alternatif. Selain itu, berdasarkan
hasil analisa statistik deskriptif tentang minat beli konsumen, menunjukkan bahwa
jika pengembang perumahan menggunakan green concept dalam real estatenya akan
dapat menarik minat beli konsumen. Melihat minat beli responden yang besar
terhadap rumah hijau, menunjukkan bahwa permintaan pasar terhadap rumah hijau
juga besar. ========== Citraland Surabaya is one of the famous housing estates in Surabaya which the
planning based on modern, green, and clean concept. This is showed by “Citraland
Go Green”. This green concept related to global warming issue and housing
developer are required to participate in minimizing global warming effects. The
problem of this study is to see green concept that Citraland applied and market
demand for green house products. This study aims to identify green concept in house
type Maple and Fortune and to see market enthusiasm to buy a green house products.
The methods used in this sudy is qualitative quantitative with descriptive statistical
analysis. Then the results of the survey and literature review produce a design
concept that can be developed for houses in Citraland. The results showed that the
type of house Maple fulfill 50 of 101 points greenship criteria while type Fortune
fulfill 52 out of 101 points greenship criteria. Based on greenship ratings from GBCI,
these two types of houses get silver category. Greenship criteria of GBCI that can be
applied to the type of house in Citraland in the near future is the availability of paths
for pedestrians, renewable energy sources, and alternative water sources. In addition,
based on the results of descriptive statistical analysis of consumer buying interest,
showed that if the developer using green concept in their real estate, it will be able to
attract consumers to buy. The huge consumer buying interest to a green house,
indicates that the market demand for green house is also big.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTA 728.314 Aul p
Uncontrolled Keywords: Green building, antusiasme pasar, Citraland Surabaya, market enthusiasm
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA7115 Domestic architecture. Houses. Dwellings
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23101-(S2) Master Theses
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 30 Apr 2019 04:15
Last Modified: 30 Apr 2019 04:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62872

Actions (login required)

View Item View Item