Moderating Structural Equation Modeling Dengan Partial Least Square Pada Proses Penyembuhan Terhadap Kualitas Hidup Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2

Purbasari, Delta Arlintha (2016) Moderating Structural Equation Modeling Dengan Partial Least Square Pada Proses Penyembuhan Terhadap Kualitas Hidup Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
1314105049-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) dikategorikan menjadi 3, yaitu tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional. Penderita DM tipe 2 sebanyak 90 persen dari semua kasus. DM juga memberikan dampak bagi pasien diantaranya adalah dampak fisik dan dampak psikologis, salah satu dampak psikologis yang ditimbulkan adalah kecemasan. Proses Penyembuhan yang dapat diberikan pada pasien yang mengalami kecemasan adalah penyuluhan dan terapi Progressive Muscle Relaxation (PMR). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kecemasan terhadap kualitas hidup pasien DM tipe 2 menggunakan SEM-PLS. Serta mengetahui proses penyembuhan yang dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh kecemasan terhadap kualitas hidup pasien DM tipe 2 di RS X. Data yang digunakan merupakan data sekunder, berdasarkan hasil survei DQOL dan Kecemasan pada pasien DM tipe 2 di RS X yang mengikuti proses penyembuhan dengan penyuluhan dan terapi PMR. Hasil penelitian menunjukkan kecemasan berpengaruh signifikan terhadap kualitas hidup pasien DM tipe 2 setelah dilakukan penyuluhan. Namun kecemasan tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas hidup pasien DM tipe 2 setelah dilakukan terapi PMR. Proses penyembuhan dapat memperkuat pengaruh kecemasan terhadap kualitas hidup pasien DM tipe 2. Artinya dengan adanya proses penyembuhan yaitu penyuluhan dan terapi PMR maka dapat menurunkan kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup pasien DM tipe 2 di RS X.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.53 Pur m
Uncontrolled Keywords: Proses Penyembuhan, SEM-PLS, Diabetes Mellitus Tipe 2
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 30 Apr 2019 08:50
Last Modified: 30 Apr 2019 08:50
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/62886

Actions (login required)

View Item View Item