Implementasi Dan Analisa Teknik Reduksi PAPR OFDM Menggunakan Metode Clipping Dan Filtering Pada WARP

Rahmadian, Fahimah (2016) Implementasi Dan Analisa Teknik Reduksi PAPR OFDM Menggunakan Metode Clipping Dan Filtering Pada WARP. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2212100042-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) sebagai salah satu teknik multicarrier memiliki kelemahan yaitu nilai perbandingan daya puncak dengan daya rata-rata sinyal atau Peak to Average Power Ratio (PAPR). Nilai PAPR yang tinggi akan menyebabkan sistem rentan terhadap distorsi nonlinear ketika melewati Power Amplifier (PA) yang dapat mengakibatkan nilai BER naik dan menyebabkan performansi OFDM akan menurun. Teknik clipping dan filtering adalah teknik reduksi PAPR yang sederhana dan tidak memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi. Pada tugas akhir ini akan diimplementasikan dan dianalisa teknik reduksi PAPR sinyal OFDM menggunakan metode clipping dan filtering pada WARP yang merupakan salah satu jenis Software Defined Radio (SDR). Parameter yang digunakan adalah SNR untuk simulasi dan gain pemancar yang akan digunakan untuk pengukuran pada WARP. Nilai yang akan diukur adalah BER dan PAPR, di mana BER yang didapatkan dari hasil clipping filtering nilainya lebih baik jika dibandingkan dengan BER pada sistem OFDM. Namun, BER yang dihasilkan dari proses clipping saja hasilnya lebih tinggi daripada BER sistem OFDM akibat pengaruh radiasi in band. Metode clipping filtering dapat menurunkan nilai PAPR sebesar 29.43% sampai 45.65%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.384 Rah i
Uncontrolled Keywords: OFDM, PAPR, Clipping, Filtering, WARP
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5103.2 Wireless communication systems. Two way wireless communication
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 08 May 2019 03:57
Last Modified: 08 May 2019 03:57
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/62960

Actions (login required)

View Item View Item