Studi Koordinasi Proteksi dengan Mempertimbangkan Arc Flash Menggunakan Metode Perhitungan Modifikasi di PT. Semen Indonesia

Putra, Rachmad Kusuma (2016) Studi Koordinasi Proteksi dengan Mempertimbangkan Arc Flash Menggunakan Metode Perhitungan Modifikasi di PT. Semen Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2212100046-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Total beban yang ditanggung di PT. Semen Indonesia, Gresik, sangatlah besar yang mencapai 16,84 MW. Beban tersebut di suplai oleh PLN karena adanya perubahan sistem kelistrikan. Dengan adanya perubahan sistem kelistrikan pada perusahaan ini maka mempengaruhi besarnya arus hubung singkat. Namun akibat adanya gangguan hubung singkat dapat menyebabkan terjadinya busur api. Setelah dilakukan analisa didapatkan bahwa beberapa daerah di PT. Semen Indonesia, Gresik memiliki insiden energi diluar kategori 4. Maka dari itu perlu dilakukan studi koordinasi untuk keandalan pabrik, agar ketika terjadi gangguan, tidak menyebabkan black out. Besar energi busur api sendiri tergantung dari waktu kerja sistem pengaman ketika terjadi gangguan arus hubung singkat. Semakin cepat sistem pengaman bekerja maka dapat meminimalisir besar nilai energi busur api yang dihasilkan. Maka dilakukan Analisa busur api dengan menggunakan metode modifikasi perhitungan yang mana mempertimbangkan berkurangnya kontribusi arus hubung singkat tiap periode. Selain itu juga dipertimbangkan perhitungan kontribusi arus hubung singkat. Hasil dari pada metode modifikasi didapatkan nilai yang lebih tepat dari pada hasil perhitungan sesuai standard IEEE 1584-2002 dalam menentukan besarnya insiden energi. Setelah dilakukan beberapa analisa didapatkan bahwa beberapa daerah di PT. Semen Indonesia memiliki insiden energi pada katagori 3 yang besar energi busur api bisa dikategorikan sesuai standard NFPA 70E.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.317 Put s
Uncontrolled Keywords: Arus hubung singkat, Insiden Energi, dan Metode Modifikasi
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1010 Electric power system stability. Electric filters, Passive.
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 08 May 2019 06:55
Last Modified: 08 May 2019 06:55
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/62962

Actions (login required)

View Item View Item