Rancang Bangun Sensor Node Pada Wireless Sensor Network Menggunakan Deret Sensor Gas Dan Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Mendeteksi Kebakaran Hutan

Akbar, Luthfan Aufar (2016) Rancang Bangun Sensor Node Pada Wireless Sensor Network Menggunakan Deret Sensor Gas Dan Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Mendeteksi Kebakaran Hutan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2212100083-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebakaran hutan merupakan bencana yang melanda di Indonesia beberapa bulan terakhir ini Belum ada solusi nyata baik dari masyarakat dan pemerintah untuk mencegah kebakaran hutan ini. Dalam tugas akhir ini dilakukan penelitian rancang bangun sensor node pada Wireless Sensor Network (WSN) untuk membuat alat deteksi asap kebakaran hutan. Sumber energi listrik akan diperoleh dari panel surya. Alat ini dilengkapi dengan deret sensor gas, yaitu sensor MQ-7, sensor TGS2600, dan sensor MQ-2. Tujuan dari deret sensor gas ini adalah mendeteksi karakteristik tegangan pada ketiga asap yang diujikan, yaitu asap kebakaran hutan, asap rokok, dan asap kendaraan bermotor. Untuk mendukung deret sensor gas di atas, digunakan mikrokontroler STM32f4 sebagai komponen utama. Setelah bisa mendeteksi karakteristik tegangan ketiga asap di atas, proses berlanjut ke sistem Jaringan Syaraf Tiruan agar bisa membedakan antara asap kebakaran hutan atau bukan. Jaringan Syaraf Tiruan yang digunakan adalah tiga layer dengan satu layer tersembunyi dan fungsi aktivasi pada layer tersembunyi adalah sigmoid serta layer output adalah linier . Dari 7 percobaan sistem Jaringan Syaraf Tiruan yang dilakukan, tidak terdapat error dalam pendeteksian asap kebakaran hutan atau bukan. Waktu untuk pendeteksian alat ini sekitar 15 detik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.384 Akb r
Uncontrolled Keywords: Deret Sensor Gas, Jaringan Syaraf Tiruan, Kebakaran Hutan, Sensor Node
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7871.674 Detectors. Sensors
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 09 May 2019 03:48
Last Modified: 09 May 2019 03:48
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/62973

Actions (login required)

View Item View Item