Analisa Segmentasi, Target Dan Posisi Pasar Teknologi 4th Generation Long-Term Evolution Untuk Strategi Pemasaran (Studi Kasus PT XYZ Surabaya)

Hutahaean, Andrew Daud (2015) Analisa Segmentasi, Target Dan Posisi Pasar Teknologi 4th Generation Long-Term Evolution Untuk Strategi Pemasaran (Studi Kasus PT XYZ Surabaya). Masters thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9113205401-Master Thesis.pdf]
Preview
Text
9113205401-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Indonesia pada Desember 2014 yang lalu akhirnya meluncurkan
teknologi 4th Generation Long Term Evolution atau yang biasa disingkat dengan
4G LTE. Secara teori, teknologi 4G LTE ini lebih cepat hingga 5 kali
dibandingkan teknologi pendahulu yaitu 2G dan 3G. Sebagai Negara yang baru
pertama kali menerapkan teknologi 4G LTE ini, Indonesia harus mempersiapkan
dengan baik sebelum maupun selama proses penerapan teknologi ini. Karena
terdapat beberapa negara yang dapat dikatakan tidak mengalami perubahan
signifikan terhadap pertumbuhan pelanggan pengguna teknologi 4G. Produk 4G
pada beberapa negara tidak berkembang disebabkan oleh banyak faktor salah
satunya produk yang tidak sesuai dengan segmen pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah segmen pasar
pengguna atau calon pengguna 4G LTE. Pendekatan yang digunakan untuk
mengetahui jumlah pengguna yang membutuhkan akses 4G LTE ini adalah Data
mining RFM. RFM adalah singkatan dari recency, frequency dan monetary yang
berfungsi memeringkatkan pelanggan. Data peringkat pelanggan kemudian di
tambahkan dengan data demografi. Proses selanjutnya adalah analisis SWOT.
Dari analisis SWOT dapat dihasilkan target, posisi, dan kebijakan untuk operator
penyelenggara teknologi 4G LTE yang pada kasus ini adalah PT XYZ.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa RFM Data Mining dan K-Means
mengklasifikasikan pelanggan sesuai dengan kebiasaan mereka menggunakan
internet yaitu sebagai berikut: pengguna dengan kebutuhan data rendah,
kebutuhan pengguna data yang sedang, dan pengguna dengan kebutuhan data
yang tinggi. Hasil pengelompokkan tersebut diasosiasikan dengan data demografi
menghasilkan empat segmen pelanggan. SWOT analisis membantu menentukan
target segmen yang akan dipilih, dan juga menentukan strategi dalam menghadapi
pasar 4G LTE.
========================================================================================================
Indonesia in December 2014 finally launched the 4th Generation Long Term
Evolution Technology or commonly abbreviated with 4G LTE. In theory, 4G LTE
technology is up to 5 times faster than its predecessor technologies. As the first-time
country applying 4G technology LTE, Indonesia must prepare properly before and
during the application of this technology. Since there are few countries that can be
said to be no significant changes to the user's subscriber growth of 4G technology. 4G
LTE products in some countries are not growing caused by many factors, one of
which is the product not in accordance with the customer segment.
This study aims to determine the number of user market segments or
potential users of 4G LTE. The approach used to determine the number of users who
need access to 4G LTE is RFM Data mining. RFM stands for recency, frequency and
monetary and will be used to rank the customer. Customer ratings data then added
with demographic data. The next proses is SWOT analysis. SWOT analysis results
are target, position and policy of 4G technology provider which in this case is XYZ.
The results showed that the RFM Data Mining and K-Means classify
customers according to their habit using the internet is as follows: users with low data
requirements, user needs the data that is being, and users with high data requirements.
The grouping results associated with demographic data to produce 5 customer
segments. SWOT analysis will help determine the target segment will be selected,
and also determines the strategy to face the 4G LTE market.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.401 2 Hut a
Uncontrolled Keywords: 4G LTE, Demografi, Data Mining RFM, STP
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 27 May 2019 02:16
Last Modified: 27 May 2019 02:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63067

Actions (login required)

View Item View Item