Desain Dan Implementasi Konverter DC-DC Rasio Tinggi Berbasis Pensaklaran Kapasitor Dan Induktor Terkopel Untuk Aplikasi Pada Photovoltaic

Zulkarnain, Gusti Rinaldi (2016) Desain Dan Implementasi Konverter DC-DC Rasio Tinggi Berbasis Pensaklaran Kapasitor Dan Induktor Terkopel Untuk Aplikasi Pada Photovoltaic. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2212100118-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan berkembangnya pembangkit listrik yang menggunakan photovoltaic sebagai salah satu energi terbarukan, maka berdampak kepada perkembangan teknologi konverter. Tegangan output dari sel surya masih perlu ditingkatkan agar mampu dihubungkan pada jala-jala. Konverter boost merupakan alat yang digunakan untuk meningkatkan keluaran dari modul photovoltaic. Salah satu pengembangan topologi konverter boost untuk aplikasi keluaran photovoltaic yaitu konverter DC-DC rasio tinggi berbasis pensaklaran kapasitor dan induktor terkopel. Konverter ini merupakan pengembangan dari konverter gabungan boost-flyback yang ditambahkan rangkaian pensaklaran kapasitor. Kelebihan dari konverter ini adalah memiliki rasio konversi dan efisiensi yang lebih tinggi dibanding konverter gabungan boost-flyback. Tegangan keluaran konverter ini dapat digunakan untuk aplikasi inverter grid connected dengan menggunakan sumber modul photovoltaic. Efisiensi konverter mencapai 91,73%. Konverter memiliki rasio konversi hingga 12 kali dengan duty cycle sebesar 50%. Konverter ini mampu menjaga tegangan output konstan ketika tegangan inputnya berubah-ubah. Jadi konverter ini sangan cocok diaplikasikan pada sumber energi alternatif yang menghasilkan tegangan DC rendah seperti photovoltaic.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.381 532 2 Zul d
Uncontrolled Keywords: Induktor-Kopel, Konverter DC-DC, Pensaklaran Kapasitor, Photovoltaic.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7872 Electric current converters, Electric inverters.
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 17 Jun 2019 02:29
Last Modified: 17 Jun 2019 02:29
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/63127

Actions (login required)

View Item View Item