Shunt Active Power Filter Untuk Eliminasi Hamonik Dan Kompensasi Daya Reaktif Pada Pengoperasian Crane

Hasan, Muhammad Fahmi (2016) Shunt Active Power Filter Untuk Eliminasi Hamonik Dan Kompensasi Daya Reaktif Pada Pengoperasian Crane. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2212100167-Undergradute Thesis.pdf]
Preview
Text
2212100167-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengoperasian crane dengan menggunakan motor listrik AC dan Variable Frequency Drive (VFD) telah digunakan secara luas pada berbagai macam sektor industri, misalnya adalah pada industri jasa bongkar muat barang di pelabuhan. Permasalahan harmonisa arus dan power factor yang rendah muncul sebagai masalah utama dalam pengoperasian ini. Harmonisa disebabkan oleh switching yang dilakukan Variable Frequency Drive (VFD) sedangakan nilai power factoryang rendah disebabkan oleh konsumsi daya reaktif yang besar, khususnya pada saat pergantian mode dari mode hoisting ke mode lowering atau sebaliknya.
Pada tugas akhir ini dilakukan pemodelan eliminasi harmonik dan kompensasi daya reaktif pada crane dengan menggunakan Shunt Active Power Filter. Crane yang digunakan adalah jenis motor hold dengan spesifikasi daya 200 kW. Eliminasi harmonik dan kompensasi daya reaktif dilakukan dengan menghubungkan Shunt Active Power Filter pada sistem tegangan rendah 400 V secara paralel. Digunakan tiga kontrol PI untuk mengatur tegangan VDC, daya reaktif, dan pembentukan sinyal filter hasil penjumlahan dari kontrol daya aktif, kontrol daya reaktif, eliminir harmonik, dan arus aktual. Shunt Active Power Filter efektif mengurangi harmonisa arus dan meningkatkan power factor sesuai dengan standar yang diijinkan yaitu di bawah 15% untuk harmonisa arus dan di atas 0,85 untuk power factor sehingga dapat membantu sektor perindustrian agar tidak menemui kendala teknis akibat gangguan harmonisa dan tidak terkena denda atau pinalty akibat dari nilai power factor yang rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.381 532 4 Has s
Uncontrolled Keywords: Shunt Active Power Filter, Crane , harmonisa, power factor
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1010 Electric power system stability. Electric filters, Passive.
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 17 Jun 2019 07:23
Last Modified: 17 Jun 2019 07:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63135

Actions (login required)

View Item View Item