Rancang Bangun Dan Implementasi Computer Numeric Control Portable Pada Mesin Plotter Berbasis Mirokontroler

Risciawan, Andra (2016) Rancang Bangun Dan Implementasi Computer Numeric Control Portable Pada Mesin Plotter Berbasis Mirokontroler. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2212106034-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mesin Computer numerical Control (CNC) jenis plotter adalah mesin yang dirancang untuk merealisasikan sebuah gambar yang dibentuk dari sebuah software CAD/CAM (Computer Aided Design/Computer Aided Manufacturing). Dibandingkan dengan mesin perkakas serupa lainnya, mesin ini lebih sederhana dan mudah dioperasikan. Mesin CNC yang diproduk:si saat ini memiliki sistem terlalu rumit dan kurang praktis untuk digunakan di area yang tidak memiliki cuk:up ruang. Maka dari itu dibuatlah sistem yang lebih sederhana dan lebih praktis dalam hal mekanik dan kontroler. Mesin CNC plotter pada umumnya hanya memiliki 2 buah sumbu X dan Y yang masing-masing sumbu bergerak secara independen dan tidak menerima informasi dari sumbu yang lain. Motor akan bergerak sesuai dengan perintah yang diberikan oleh mikrokontroler dalam sebuah frekuensi signal yang memiliki Iebar frekuensi antara 50-20khz. Untuk itu dipakai sebuah timer yang disediakan oleh mikrokontroler sebagai fitur pembangkit signal. Mesin CNC plotter akan menerima perintah dari sebuah kode numerik yang tersusun dari sebuah bahasa pemrograman G-Code yang berisikan titik koordinat yang digunakan untuk membentuk menggerakkan kedua sumbu X dan Y sehingga membentuk sebuah garis dengan pola linier dan circular. Dengan demikian mesin CNC plotter yang dibuat mampu untuk: membuat jalur dalam bentuk: 2 dimensi yang yang dapat digunakan untuk: membuat model tulisan dan sebuah gambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 629.836 Ris r
Uncontrolled Keywords: Computer numerical Control (CNC) portable, mesin CNC plotter. CNC kontroler ARM SM32F407VG, stepper motor bipolar.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 18 Jun 2019 02:34
Last Modified: 18 Jun 2019 02:34
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/63138

Actions (login required)

View Item View Item