Peningkatan Jalan Ruas Trenggalek – Pacitan Km 14+000 - Km 17+000 Kabupaten Trenggalek Propinsi Jawa Timur

Dewantoko, Alifandi and Rizki, Maulida Amalia (2015) Peningkatan Jalan Ruas Trenggalek – Pacitan Km 14+000 - Km 17+000 Kabupaten Trenggalek Propinsi Jawa Timur. Diploma thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3112030043-3112030131-Non Degree.pdf]
Preview
Text
3112030043-3112030131-Non Degree.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jalan adalah prasarana perhubungan darat yang mempunyai
peranan penting untuk memperlancar kegiatan perekonomian dan
pemerataan hasil pembangunan. Salah satu upaya untuk
mewujudkan hal tersebut maka dilaksanakan peningkatan jalan.
Peningkatan jalan merupakan salah satu upaya untuk
memperbaiki kualitas jalan dengan menggunakan metode
tertentu untuk membuat jalan lebih nyaman dan layak untuk
digunakan kembali. Peningkatan pada ruas jalan Trenggalek –
Pacitan meliputi, pelebaran jalan, pelapisan ulang, perencanaan
saluran.
Metode yang digunakan pada perencanaan peningkatan
jalan ini antara lain, perhitungan struktur perkerasan pada ruas
jalan dengan menggunakan metode analisa komponen SKBI –
2.3.26. 1987, analisa kapasitas jalan dengan menggunakan
Manual Kapasitas Jalan Indonesia ( MKJI ) 1997, perencanaan
tebal lapis tambahan (overlay) dengan menggunakan metode
analisa komponen dan petunjuk SNI 1723-1989B. Perencanaan
saluran tepi jalan (drainase) dengan mengunakan (SNI 03 – 3424
– 1994) Departement Pekerjaan Umum. Perencanaan geometrik
v
jalan raya dengan menggunakan DPU Bina marga Tata cara
perencanaan geometrik jalan antar kota 1997, dan rencana
anggaran biaya dengan menggunakan Harga satuan dari DPU
Bina Marga Jawa Timur.
Dari hasil perencanaan peningkatan jalan ruas Trenggalek -
Pacitan ini diperoleh hasil pelebaran dari 5m menjadi 7m, dan
lebar bahu jalan direncanakan 1 m. Serta konstruksi berupa
ketebalan perkerasan untuk pelebaran dengan Laston MS 744, 5
cm, dan Beton Klas B0 setebal 25 cm. Sedangkan perhitungan
overlay didapatkan hasil 7 cm menggunakan Laston MS 744.
Untuk perencanaan drainase (saluran tepi) terdapat 5 segmen
bentuk segi empat dengan terbuat dari beton, dengan lebar dasar
saluran segmen 1, 0.55 m, lebar dasar saluran segmen 2-5 0.7 m
dan tinggi bervariasi. Rencana anggaran biaya untuk perencanan
peningkatan jalan Trenggalek - Pacitan ini adalah Rp
9,971,584,823,00 (sembilan milyar sembilan ratus tujuh puluh
satu juta lima ratus delapam puluh empat ribu delapan ratus dua
puluh tiga rupiah)
===============================================================================================================
Road is a infrastructure liaison of land which have
important role for fasting of activity of economics and result
generalization development. One effort to create it, did the
betterment road in Trenggalek – Pacitan. Betterment road is one
of effort to repair quality of road with specific method to make
road comfort and suitable to used again. Betterment road in
Trenggalek – Pacitan include, enlargement road, layer frequent,
drainage planning.
The planning consists of road planning of pavement
thick by using guiding the pavement thick of road flexible with
component analysis method, capacity analysis by using manual
capacity of indonesia street (MKJI) 1997, planning of pavement
thick by using guiding the pavement thick road flexible with
Analysis Component Bina Marga, planning of overlay with using
SNI 17231989F instrument, drainase planning with using SNI 03-
3424-1994 method, the planning geometric of the road with using
procedures for geometric path planning between cities,1997. and
cost budget plan by using unit Cost of Main Activity (HSPK)
from Bina Marga east java,provience 2015
viii
Of the Planning Result of Widening Trenggalek – Pacitan
Highway was gained the construction result is widening from 5m
become 7m and the widening of the road side was planned 1m.
Also construction likes thickness of pavement to widening height
cm Laston MS 744, 7 cm, and for concrete class B0, 25 cm.
While overlay calculation was obtained result 7 cm Laston MS
744. Drainage construction use square shape width 0.84 m and
variaty high , that use masonry material. The cost budget plan for
the road planning Trenggalek - Pacitan of pavement is Rp
9,971,584,823,00 (nine billions nine hundreds seventy one
millions five hundreds eighty four thousands and eight hundreds
twenty three rupiahs)

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 625.7 Dew p
Uncontrolled Keywords: Peningakatan jalan ruas Trenggalek - Pacitan STA 14+000 – STA 17+000, Kab Trenggalek
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 20 Jun 2019 07:34
Last Modified: 20 Jun 2019 07:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63175

Actions (login required)

View Item View Item