Perencanaan Alternatif Jalan Tol Surabaya-Mojokerto Seksi IV STA 37+700 – STA 40+700 Dengan Perkerasan Lentur Sebagai Lapis Permukaan Dan Perkerasan Kaku Sebagai Lapis Tambah

Rayendra, Muhammad and Wulan, Rachmi (2016) Perencanaan Alternatif Jalan Tol Surabaya-Mojokerto Seksi IV STA 37+700 – STA 40+700 Dengan Perkerasan Lentur Sebagai Lapis Permukaan Dan Perkerasan Kaku Sebagai Lapis Tambah. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3113030133-135-Non Degree Thesis.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Jalan tol yang berada di Indonesia rata-rata menggunakan perkerasan kaku (rigid pavement) sebagai lapis permukaan. Oleh karena itu, penulis membuat terobosan baru dengan merencanaan ulang struktur jalan tol pada kondisi eksisting yang menggunakan perkerasan lentur sebagai lapis permukaan untuk Umur Rencana (UR) 10 tahun dan perkerasan kaku sebagai lapis tambah untuk Umur Rencana (UR) 20 tahun, dimana penulis memilih Tol Sumo Seksi IV.3 sebagai acuan studi kasus. Perencanaan alternatif perkerasan lentur dan perkerasan kaku sebagai lapis tambah (overlay) ini meliputi analisa kapasitas jalan dengan menggunakan Manual Kapasitas Indonesia (MKJI) 1997, perencanaan perkerasan lentur dengan menggunakan metode Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen1987,perencanaan tebal lapisan tambah beton semen dengan menggunakan Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen 2003, kontrol geometrik dengan menggunakan Standart Geometri Jalan Bebas Hambatan untuk Jalan Tol 2008, perencanaan saluran tepi menggunakan Perencanaan Sistem Drainase Jalan 2006, dan Rencana Anggaran Biaya menggunakan harga dasar bahan dan upah yang diterbitkan oleh HSPK Kota Mojokerto. Dari hasil perhitungan perencanaan proyek Jalan Tol Surabaya Mojokerto Seksi IV diperoleh analisa kapasitas jalan dengan DS 0.588 pada UR 10 th dan 0.943 pada UR 20th, sehingga pada UR 20 th dilakukan pelebaran dan didapatkan DS 0.632. Perencanaan tebal perkerasan lentur menggunakan LASTON dengan ketebalan 10 cm untuk UR 10 th. Untuk overlay, digunakan perkerasan kaku dengan tebal beton K-400 adalah 23 cm dan stabilitas tanah dasar dengan CBK 10 cm untuk UR 20 th.Perencanaan dimensi saluran tepi (drainase) bebentuk persegi dengan bahan terbuat dari pasangan batu kali diperoleh dimensi b=0.7 m, dan h=0.8 m. Anggaran yang diperlukan untuk melakukan pembangunan proyek ini sebesar Rp 814,027,920,610.- untuk pekerjaan perkerasan lentur dan Rp 51,863,671,952.- untuk perkerasan kaku. Dengan adanya pembangunan proyek ini dengan umur rencana 30 tahun diharapkan dapat membantu mempermudah akses dari Surabaya ke Mojokerto maupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 625.725 Ray p
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Lentur, Perkerasan Kaku, Tebal Perkerasan, Drainase
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 03 Jul 2019 02:19
Last Modified: 03 Jul 2019 02:19
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/63395

Actions (login required)

View Item View Item