Peramalan penjualan sepeda motor tiap jenis di wilayah Surabaya dan Blitar dengan model arim box jenkins dan vector autoregressive (VAR)

Anggraeni, Ade Dwi (2014) Peramalan penjualan sepeda motor tiap jenis di wilayah Surabaya dan Blitar dengan model arim box jenkins dan vector autoregressive (VAR). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1310100033-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
1310100033-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 1310100033-paper.pdf]
Preview
Text
1310100033-paper.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1310100033-presentation.pdf]
Preview
Text
1310100033-presentation.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Transportasi khususnya sepeda motor saat ini menjadi salah satu
elemen yang sangat dibutuhkan manusia dalam membantu mobilitas
manusia melakukan kegiatan sehari-hari. AISI (2010) menjelaskan
bahwa penjualan sepeda motor di Indonesia meningkat dari 5,9 juta unit
di tahun 2009 menjadi 7,4 unit di tahun 2010. Adanya peningkatan
sebesar 25,7 persen dalam satu tahun menunjukkan adanya pertumbuhan
yang pesat untuk penjualan sepeda motor di Indonesia. Pada penelitian
ini menganalisis mengenai peramalan penjualan sepeda motor Honda
dan Total Market tiap jenis di wilayah Surabaya dan Blitar karena
Surabaya dan Blitar memiliki nilai IPM tertinggi di Jawa Timur. Diduga
terdapat efek hubungan timbal balik antar penjualan sepeda motor,
sehingga penyelesaian dalam kasus ini menggunakan metode ARIMA
secara univariate dan Vector Autoregressive (VAR) secara multivariate.
Berdasarkan univariate time series didapatkan model terbaik wilayah
Surabaya adalah model ARIMA (1,1,0) baik untuk variabel Total
Honda, Total Market, Honda maupun variabel Total Market jenis matic
dan sport kecuali pada Honda jenis sport model terpilih adalah ARIMA
(0,1,0). Begitu pula pada wilayah Blitar didapatkan model terbaiknya
adalah ARIMA (1,1,0) variabel Total Honda, Total Market, Honda
maupun variabel Total Market jenis matic dan sport kecuali pada Honda
jenis sport model terpilih adalah ARIMA (0,1,1). Sedangkan untuk
model VAR didapatkan VARIMA (1,1,0) untuk Honda dan Total
Market Surabaya dan Blitar.

===========================================================================================================

Today, transportation especially motorcycle become one of the
important element to help the mobility of the activities people in
everyday. AISI (2010) explain that motorcycle sales in Indonesia
increase from 5,9 million units in 2009 to 7,4 units in 2010. It increase
of 25,7 percent in one year. Forecasting of motorcycle sales in Surabaya
and Blitar can be done by time series method. This research analyze
about Surabaya and Blitar because Surabaya and Blitar have a highest
HDI (Human Development Index) in East Java. We can use
Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA ) in univariate time
series and Vector Autoregressive (VAR) in multivariate time series. By
using multivariate method, we can see about the relationship between
one variables to another variables. The best model of this research by
using univariate time series in Surabaya is ARIMA (1,1,0) for all
variable, except the variable Honda type sport is ARIMA (0,1,0). In
Blitar, the best model is ARIMA (1,1,0) for all variable, except the
variable Honda type sport is ARIMA (0,1,1). By using multivariate
method, the best model is VARIMA (1,1,0) for Honda and Total Market
Surabaya and Blitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.535 Ang p
Uncontrolled Keywords: Penjualan sepeda motor; forecasting
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61.4 Forecasting in the social sciences
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 04 Jul 2019 06:56
Last Modified: 04 Jul 2019 06:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63480

Actions (login required)

View Item View Item