Optimasi Nurse Scheduling Problem (Study Kasus Rsud Dr Soetomo Surabaya)

Hidayatullah, Aditya Pratama (2015) Optimasi Nurse Scheduling Problem (Study Kasus Rsud Dr Soetomo Surabaya). Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2510100111-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
2510100111-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nurse Scheduling Problem (NSP) adalah suatu permasalahan penjadwalan perawat untuk membuat shift penjadwalan sejumlah n perawat dengan menentukan satu dari beberapa pola shift yang mungkin untuk tiap perawat. Setiap rumah sakit harus dapat melakukan penjadwalan perawat dengan baik agar aktivitas di rumah sakit bisa berjalan dengan baik. Ketidaktepatan dalam melakukan penjadwalan pada perawat, maka perawat tersebut akan bekerja tidak maksimal yang berakibat akan menimbulkan kelelahan secara fisik, tingkat stres yang tinggi, dan rentan melakukan kesalahan dalam melakukan pekerjaan yang akan membahayakan baik dari perawat sendiri maupun pada pasien yang terdapat di rumah sakit. Dalam penyelesaian NSP ini bisa digunakan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan metode eksak dan dengan metaheuristik. Dari kedua metode ini mempunyai kekurangan dan kelebihan sendiri. Pada metode eksak hasil yang didapatkan berada pada titik yang paling optimal (global optimal) tetapi membutuhkan waktu yang sangat lama dalam penyelesaian jika kasus tersebut pada skala yang besar. Sedangkan dengan metaheuristik membutuhkan waktu yang sebentar dalam penyelesaian kasus dengan skala besar pun tetapi hasil yang didapat hanya mendekati solusi optimal saja.
=========================================================================================================
Nurse Scheduling Problem (NSP) is the problem for nurse schedule to make scheduling shift or pattern with n nurse and devide one of many feasible shift pattern for each nurse. Every hospital should make nurse schedule perfectly so the activity in hospital can work well. If the nurse schedule is bad, nurse can not work properly so the impact from it are physical fatique, stress, and easy to make a mistake for work so it will be dangerous for nurse and patient in hospital. To solve NSP, there are two methods, exact method and metaheuristic. Each method has weakness and benefit. For exact method the result on the global optimum but it need much time to solve if in the large scale. For metaheuristic don’t need much time to solve although in the large scale but the result is not optimum, but approach optimum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.53 Hid o
Uncontrolled Keywords: NSP, minimasi deviasi, metaheuristik, metode eksak
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD69.T54 Time management. Scheduling
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 09 Jul 2019 07:29
Last Modified: 09 Jul 2019 07:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63753

Actions (login required)

View Item View Item