Desain Kapal Ikan Hibrida Berbahan Dasar High Density Polyethylene (HDPE) Sebagai Penunjang Potensi Laut Provinsi Kepulauan Riau

Iqbal, Muhammad (2019) Desain Kapal Ikan Hibrida Berbahan Dasar High Density Polyethylene (HDPE) Sebagai Penunjang Potensi Laut Provinsi Kepulauan Riau. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
04111540000026-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Sektor perikanan merupakan salah satu sektor dengan potensi terbesar pada wilayah Provinsi Kepulauan Riau dikarenakan lebih dari 96% luas wilayah merupakan lautan, namun potensi yang sangat besar ini justru seringkali dimanfaatkan oleh kapal-kapal berbendera asing untuk melakukan praktek illegal fishing pada daerah fishing ground Kepulauan Riau, khususnya perairan Natuna. Kapal-kapal ikan berbendera Indonesia pada daerah Kepulauan Riau masih belum maksimal dalam memanfaatkan potensi ini dikarenakan jumlah armada kapal yang masih terbatas, dan juga penerapan teknologi yang masih sederhana/konvensional. Dengan maksud untuk menunjang pemanfaatan potensi sektor perikanan Provinsi Kepulauan Riau yang masih berada diangka 4-6%, maka pada Tugas Akhir ini akan didesain kapal ikan hibrida berbahan dasar plastik HDPE yang mempunyai tiga sumber daya utama yang merupakan energi terbarukan yakni angin (Vertical Axis Wind Turbines), sinar matahari (Photovoltaic Panel) dan juga gas hidrogen (Fuel Cell) yang langsung diproduksi On-Board dari air laut. Hasil dari Tugas Akhir ini berupa kapal dengan payload 30.5 ton ikan, 8 orang crew, dengan ukuran utama kapal L: 21 m; B: 5.5 m; H: 2.5 m; T: 1.5; Vs: 8 Knot dengan rute pelabuhan perikanan Karimun menuju pelabuhan perikanan Natuna. ========================================================= The fisheries sector is one of the sectors with the greatest potential in the Riau Islands Province because more than 96% of the area is ocean, but this huge potential is often used by foreign-flagged vessels to practice illegal fishing in the fishing area of Riau Islands , especially Natuna waters. Indonesian flagged fishing vessels in the Riau Islands region are still not maximized in utilizing this potential because the number of fleets are still small, and the technology applied is still conventional. In order to support the potential utilization of the fisheries sector in Riau Islands Province which is still 4-6%, then this Final Project will design a hybrid fishing vessel made from HDPE plastic which has three main resources which are wind (Vertical Axis Wind Turbines), sunlight (Photovoltaic Panels) and hydrogen gas (Fuel Cell) that are directly produced on-board from seawater. The results of this Final Project is a fishing vessel with a payload of 30.5 tons of fish, 8 crew members, with the main size of the ship L: 21 m; B: 5.5 m; H: 2.5 m; Q: 1.5; Vs: 8 Knots with Karimun fishing port route to Natuna fishing port.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kapal ikan hibrida, Fuel cell, VAWT, Photovoltaic panel
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
V Naval Science > VM431 Fishing boats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Iqbal
Date Deposited: 13 Apr 2021 05:10
Last Modified: 13 Apr 2021 05:10
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/64975

Actions (login required)

View Item View Item