Simplifikasi Analisa Respons Dinamis Gerakan Semi-Submersible Catamaran Hull Di Atas Gelombang Reguler

., Sujantoko (1995) Simplifikasi Analisa Respons Dinamis Gerakan Semi-Submersible Catamaran Hull Di Atas Gelombang Reguler. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4894300186-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4894300186-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Semi-Submersible Catamaran Hull {SSCH} yang dipakai untuk aktifitas telmik dalam industri bangunan lepas pantai menuntut gerakan kecil. Tuntutan demikian dimaksudkan untuk menghindari ganggguan terhadap kelancaran operasi di atas bangunan lepas pantai, termasuk juga kenyamanan bagi pekerja. Untuk mengetahui besar kecilnya gerakan SSCH tersebut perlu dilakukan analisa dinamis. Dalam melakukan analisa dinamis tersebut, dipakai simplifikasi dalam penyelesaian persamaan gerakan SSCH, terutama dalam pengambilan koefisien-koefisien hidrodinamis yang didasarkan pada hasil eksperimen. Program komputer kemudian ditulis untuk mengakomodasi model matematis gerakan SSCH di atas gelombang reguler. Selanjutnya, studi kasus analisa dinamis dilakukan dengan, pertama mengadakan studi perbandingan RAO. Lima SSCH telah dikaji dalam studi ini dan SSCH Sedco709 mempunyai karakteristik gerakan yang baikuntuk Heave dan Pitch, sedang SSCH Miller untuk gerakan Sway dan Roll. Kedua, melakukan studi parameter SSCH Dalam studi ini dipakai SSCH Miller dan program komputer diterapkan untuk mempermudah proses perhitungan RAO. Sebagai contoh studi, dengan bertambahnya diameter column, RAO heave, roll dan pitch akan semakin naik pada frekuensi gelombang rendah (daerah resonansi}, dan sebalilmya pada frekuensi gelombang tinggi cenderung menu run. Di lain pihak RAO Sway baik pada
frekuensi gelombang rendah maupun tinggi respommya mengalami penurunan. Ketiga, mengetahui perilaku SSCH pada laut yang sebenamya, gelombang !aut dianalisis dengan memakai spektra Jonswap. Dari perilaku SSCH di lautan nampak bahwa SSCH Atlam mempunyai karakteristik yang terbaik dari SSCH lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.98 Suj s 8042/H/96
Uncontrolled Keywords: Semi-Submersible Catamaran Hull , analisa dinamis, RAO heave, roll, pitch sway
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM311 Catamarans.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 08 Aug 2019 05:11
Last Modified: 08 Aug 2019 05:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69738

Actions (login required)

View Item View Item