Sistem Transmisi Hidrolik Sebagai Alternatif Sistem Transmisi Tenaga Generator Power Take-Off Pada Motor Utama KMF. Pottre Koneng

Triwibowo, Erwin (1995) Sistem Transmisi Hidrolik Sebagai Alternatif Sistem Transmisi Tenaga Generator Power Take-Off Pada Motor Utama KMF. Pottre Koneng. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4904200269-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Generator power take-off adalah generator listrih k::::pal yang tenaga mekaniknya diperoleh dari motor utama_ Ada keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan power take-off dibanding dengan diesel genset. Dalam operasinya motor utama selalu dalam kondisi hidup, sekalipun waktu bongkar muat dan karena kapal berlayar dalam jangka waktu pendek (sekitar setengah jam) sehingga motor utama lebih banyak tanpa beban (bongkar muat sekitar 40 menit), ini mengawali pemikiran untuk membebani lagi motor utama dengan generator. Untuk mengkopel generator pada motor utama diperlukan sistem transmisi tenaga yang sesuai. Di KHF. Pottre Koneng motor utama dua set sehingga sistem tarnsmisi PTO harus mampu menggandeng dua sumber daya ini. Karena di kapal ini menggunakan instalasi listrik AC tegangan dan frekwensi konstan (menggunakan generator AC putaran konstan) maka output sistem transmisi harus mampu membuat putaran tetap. Sebagai input sistem transmisi yaitu motor utama yang putarannya berubah-ubah karena motor utama meggerakkan propeller, maka sistem harus mampu membuat putaran konstan dari putaran yang berubah-ubah. Suatu alternatif sistem transmisi tenaga untuk power take-off di kapal ini adalah sistem transmisi hidrolik. Sistem transmisi hidrolik adalah sistem transmisi tenaga yang memakai media penyalur tenaga berupa fluida cair (oli). Fluida dipompa oleh pompa hidrolik yang dikopel ke motor utama. disalurkan melalui pipa ke motor hidrolik. Motor hidrolik yang digerakan oleh fluida tekan dari pompa hidrolik memutar generator listrik. Untuk mendapatkan putaran tetap pada output sistem (motor hidrolik) dibuat suatu alat kontrol otomatis yang dipasang pada pampa hidrolik untuk mengatur supaya debit fluida yang· rnasuk ke motor hidrolik konstan. Suatu rancangan alat kontrol otomatis berupa motor tranduser. governor. servovalve dan mekanisme pompa sebagai alternatif untuk membuat debit fluida selalu konstan. Efisiensi tenaga sistem transmisi hidrolik PTO di atas sistem transmisi elektrik meskipun sedikit di bawah sistem transmisi mekanik, tetapi mempunyai karakter yang compatible dan flexible, memungkinkan dan sesuai untuk diterapkan di KHF. Pottre Koneng atau kapal yang sejenis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motor hidrolik, propeler, fluida
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ840.A2+ hydraulic machinery
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2797 Motor-generator sets. Cascade
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:43
Last Modified: 06 Aug 2019 07:43
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/69741

Actions (login required)

View Item View Item