Analisa Struktur Kerangka Atas Dan Bawah Pada Mesin Pencetak Pellet Ikan Untuk Peningkatan Efisiensi Dan Ekonomi Petani Ikan

Nurhadi, Hendro and Rusdiyana, Liza and Sri Bangun, - and Pratama, Risyad Antony (2014) Analisa Struktur Kerangka Atas Dan Bawah Pada Mesin Pencetak Pellet Ikan Untuk Peningkatan Efisiensi Dan Ekonomi Petani Ikan. Prosiding Seminar Nasional pascasarjana XIV-ITS; tema.

[img]
Preview
Text
Paper.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permintaan pasar untuk makanan ikan saat ini berkembang pesat. Hal ini perlu didorong oleh produksi pembuatan pelet ikan yang dapat memenuhi banyaknya permintaan tersebut. Yaitu dengan membuat mesin pencetak pelet ikan. Kemampuan untuk memproduksi sesuai dengan kebutuhan, dalam segi kualitas komposisi pelet ikan, dan kuantitas produksi yang dihasilkan, mendorong penggunaan bahan organik yang diproses fermentasi secara anaerob sebagai bahan pengganti dari pabrikan. Di lain sisi ketika proses pembuatan mesin pembuat pelet ikan perlu memperhatikan struktur rangka mesin tersebut, karena kerangka sebagai tempat menempelnya komponen komponen mesin lainnya. Pada tugas akhir ini dilakukan analisa terhadap rangka pada bagian kritis apakah dapat dikatakan aman atau tidak. Rangka mesin pencetak pelet kemudian diuji melalui pengujian teoritis dengan menggunakan software ansys. Setelah dilakukan simulasi, rangka mesin pencetak pelet ikan masih dalam keadaan aman. Terlihat dari salah satu tegangan maksimum rangka yaitu 124.6 MPa terjadi akibat dari pembebanan yang masih dibawah tegangan ijin yaitu sebesar 250 MPa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: mekanis, pencetak, pellet ikan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 12 Aug 2019 03:58
Last Modified: 27 Aug 2019 01:07
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/70298

Actions (login required)

View Item View Item