Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Karyawan Pada Jabatan Tertentu (Studi Kasus Di PT. PLN Distribusi Jawa Timur)

Dewi, Komang Ayu Karmila (1996) Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Karyawan Pada Jabatan Tertentu (Studi Kasus Di PT. PLN Distribusi Jawa Timur). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2591100050-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2591100050-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perusahaan jenis apapun akan selalu terlibat dengan pengelolaan sumber daya manusia, bahkan sumber daya manusia ini merupakan salah satu unsur utama dari manajemen perusahaan. Adapun sumber daya manusia itu sendiri selalu
berkembang baik dalam hal kemampuan maupun jumlahnya. Inilah yang menjadi penyebab diperlukannya sebuah pengaturan sumber daya manusia yang serius dalam sebuah perusahaan.
Masalah pengembangan dan peningkatan potensi sumber daya manusia merupakan masalah yang sangat berpengaruh bagi stabilitas perusahaan. Oleh
karena itu, penempatan dan pemanfaatan sumber daya manusia · pada posisi yang
tepat dengan ketrampilan yang tepat, mutlak diperlukan.
Banyak masalah yang timbul dalam manajemen sumber daya manusia diantaranya adalah masalah pengisian jabatan yang kosong dimana hal ini memerlukan waktu yang cepat untuk menentukan per1ggantmy·a1 Selama ini proses
pencalonan karyawan yang akan menduduki suatu jabatan banyak ditentukan oleh
atasan langsung sehingga seringkali tidak dapat terhindarkan dari faktor subyektivitas. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dirancang suatu sistem Pendukung Keputusan yang kiranya dapat membantu mempercepat proses pencalonan tersebut serta memperoleh hasil yang seobyektif mungkin.
Tahapan pengembangan SPK terdiri dari 4 tahap yaitu meliputi : intelligence, Design, Choice dan Implementasi. Suatu SPK akanterdiri dari subsistem data, subsistem model dan subsistem dialog.Interaksi dari ketiga komponen SPK tersebut akan memungkinkan terjadinya komunikasi user dengan SPK yang dirancang.
Output yang dihasilkan oleh SPK ini adalah rangking calon karyawan yang akan menduduki jabatan tertentu sedangkan keputusan akhir akan ditentukan oleh user berdasarkan pada pertimbangan-pertimbangan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.503 6 Dew p 8363/H/97
Uncontrolled Keywords: sumber daya manusia, jabatan kosong, intelligence, design, choice
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 29 Aug 2019 06:26
Last Modified: 29 Aug 2019 06:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70609

Actions (login required)

View Item View Item