Penjadualan Flow Shop Dengan Metode Heuristik Multi Tujuan

Efendie, Noer Rachman (1996) Penjadualan Flow Shop Dengan Metode Heuristik Multi Tujuan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2591100051-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2591100051-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

CV. Mentari Massen Toys Indonesia yang memproduksi berbagai macam mainan dari kayu, selama ini hanya mcnggunakan satu kriteria tujuan dalam melakukan penjadualan produksi. Yaitu terselesaikannya semua permintaan yang ada dengan cepat.
Dengan hanya mempertimbangkan satu kriteria tujuan, maka
akan ada kriteria-kriteria lain yang diabaikan. Sedangkan kriteria yang diabaikan tersebut mungkin sangat bcrpcngaruh tcrhadap biaya produksi sccara keseluruhan.
Berdasarkan pertimbangan di ataslah, mnka dalam tugas akhir ini dicoba untuk mcncrapkan metode penjadwalan yang mempertimbangkan tiga kriteria sekaligus. Kriteria yang akan dijadikan tujunn pcnjndualnn adalah minimasi makespan, total now time dan total idle time mesin.
Penelitian dimulai dengan pengumpulan data sistem produksi berupa jumlah dan macam mesin, jumlah dan macam job (permintaan), waktu kerja efektif dan lama proses tiap job di tiap mcsin.
Untuk mencari jadual terbaik digunakan metode heuristi
penyelesaian awalnya adalah penyelesaian dari metode Cambell Dudek Smith, yang hanya meminimumkan makespan. Dari penyelesaian awal dilakukan penukaran urutan, antara job yang berada pada urutan ke-r dan job yang urutan ke-r+ 1. Pertukaran ini masih mengacu pada minimasi makespan sebagai
tujuan penjadualannya.
Dari jadual dengan makespan minimum tersebut dihitung selisih antara total waktu proses job urutan ke-r pada scmua mcsin dan total waktu proses job pada urutan ke-r+1 I pada scmua mcsin. Dari job-job yang mempunyai selisih positif akan di dibcntuk sei'd. Job dengan selisih wnktu proses terbesar akan ditukur urutunnya dcngnn job yang berada pada urutan berikutnya, sehingga dibcntuk jadunl baru.
Jadual baru dan jadual lama dihitung bcsarnya makcspan, total flow time dan total idle time, kemudian dihitung besarnya rasio perubahan performansi jadual baru dan jadual lama. Jadual baru dipakai sebagai acuan pembuatan alternatif jadual berikutnya, jika nilai rasio perubahan pencapaian kriterianya lebih besar dari jadual lama. Iterasi ini akan dilakukan terus sampai anggota
kosong atau rasio perubahan performansi jadual baru lebih
perubahan perform ansi jaclual lama.
Penjadualan di CV. Mentari Massen Toys Indonesia dengan multi tujuan menghasilkan jadual dengan Makespan 25.59, Total Flow Time 80.19 dan total Idle Time 56.77. Sedangkan dengan tujuan tunggal (makespan) didapat jadual dengan Makespan 25.28, Total Flow Time 91.54 dan Total Idle Time 57.06.
Sebagai akhir dari tugas akhir ini, metode yang diusulkan akan diwujudkan dalam bentuk program komputer untuk memudahkan proses penjadualan berikutnya jika komposisi permintaan berubah.
proses job
unyai sclisih
rhcsar nknn
ya, schingga
I flow time
perform ansi
pembuatan
kriterianya
anggota seed
dari rasio
multi tujuan,
19 dan Total
· dapat jadual
57.06.
akan
proses

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.53 Efe p 8371/H/97
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD69.T54 Time management. Scheduling
T Technology > TS Manufactures > TS157.5 Production scheduling
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 29 Aug 2019 06:14
Last Modified: 29 Aug 2019 06:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70610

Actions (login required)

View Item View Item