Purnomo, Hari (2002) Analisis Teknis Dan Ekonomis Penggantian Fungsi Dermaga LCM Menjadi Dermaga MB Di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
|
Text
4197100013-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Download (31MB) | Preview |
Abstract
Semakin ramainya aktivitas di pelabuhan penyeberangan KetapangGilimanuk menuntut peningkatan pelayanan di pelabuhan tersebut. Ketersediaan kapal ferry dalam jumlah yang banyak dapat berdampak negatif seperti kemacetan, jika tidak ditunjang dengan sarana dermaga yang memadai. Dermaga ferry yang ada saat ini terdiri dari 3 (tiga) jenis, yaitu : moveable bridge (MB), ponton dan landing craft machine (LCM). Keberadaan dermaga LCM dianggap sudah tidak layak untuk melayani operasi penyeberangan terutama disebabkan oleh faktor rendahnya kecepatan bongkar muat dan keterbatasan olah gerak kapal. Oleh karena itu, dermaga ini akan digantikan oleh dermaga jenis MB. Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis penggantian dermaga LCM menjadi dermaga MB baik secara teknis maupun ekonomis. Faktor yang dipakai untuk menganalisis adalah jumlah muatan terutama kendaraan yang diseberangkan. Jumlah muatan diperkirakan dengan metode perama]an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSPe 627.31 Pur a |
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC357 Harbor Engineering. Piers, quays, and wharves |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 07:03 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 07:03 |
URI: | https://repository.its.ac.id/id/eprint/70781 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |