Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Penerjemah Notasi Musik Menjadi Bentuk Tampilan Posisi Jari Tangan Pada Fret Gitar

Herlukijanto, Paulus (1997) Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Penerjemah Notasi Musik Menjadi Bentuk Tampilan Posisi Jari Tangan Pada Fret Gitar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2691100015-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Gitar adalah salah satu alat musik yang sudah memasyarakat. Hal ini disebabkan karena gitar bisa digunakan sebagai musik iringan yang praktis dan mudah dipelajari. Selain digunakan sebagai musik iringan, gitar juga bisa dimainkan solo dengan ritme dan melodi yang dibunyikan secara harrnonis. Dalam menerjemahkan notasi musik ke dalam perrnainan gitar dibutuhkan penguasaan dan perasaan. Hal ini cukup menyulitkan bagi pemain gitar pemula. Komputer merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk itu diperlukan sebuah perangkat lunak penerjemah notasi musik ke dalam pola perrnainan gitar yang dapat diaplikasikan pada komputer tersebut. Perangkat lunak ini membutuhkan masukan berupa file notasi musik yang disimpan dalam bentuk.fi/e MIDI, yang akan diproses untuk memperoleh posisi jari pada fret gitar untuk setiap nada yang dibunyikan. Penentuan posisi berdasarkan pola perrnainan yang disesuaikan dengan kemampuan perpindahan jari pada fret gitar. Proses diawali dengan membagi data nada dalam satu file menjadi beberapa interval. Berikutnya adalah penentuan posisi nada pada jretboard untuk setiap interval, yang dilanjutkan dengan penentuan jari untuk setiap posisi tersebut. Dari proses tersebut akan diperoleh pola perpindahan jari yang mudah direpresentasikan pada alat musik gitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Her p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 04 Oct 2019 06:52
Last Modified: 04 Oct 2019 06:52
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/70991

Actions (login required)

View Item View Item